Sekedar sharing,

Raid 1 memang masih membutuhkan downtime, dimana kalau hdd yang rusak
salah satu-nya, sehingga bisa diatur downtime di saat tidak ada
penggunaan kemudian baru ditukar dengan baru, untuk controller yang
baru seperti pada HP dan lain-lain, memang sudah tersedia hot-swap,
sehingga downtime tidak terjadi.

Raid 5 menggunakan 3 HDD, dimana 2 berfungsi sebagai mirroring, dan 1-
nya lagi berfungsi sebagai backup idle, dimana kalau salah satu yang
aktif rusak, maka hdd backup akan langsung menggantikan-nya, dan lagi-
lagi dengan RAID controller yang baru, hampir semua itu sudah hot-
swap.

Raid 6 menggunakan lebih dari 4 hdd, dengan ada kategori toleransi,
dimana berfungsi sama dengan Raid 5, beda-nya adalah bisa handle 2
hdd rusak sekaligus dan dibackup.

Kalau ada kekurangan, mohon ditambahkan.

Arifin

--- In ITCENTER@yahoogroups.com, "mas tri" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> kalau server branded macam HP (DELL, IBM saya yakin juga ada), dan
> hotplug kayak nya bisa deh. meski selalu backup dulu akan lebih
baik.

> sebenarnya kalau server nya bisa di down sih, gak ada kebutuhan
vital
> untuk zero down policy, mending di ghost :)
>
> tri

GB ),