----- Original Message -----
From: "Albert Siagian" <[EMAIL PROTECTED]>
To: <ITCENTER@yahoogroups.com>
Sent: Monday, 28 July, 2008 11:07 AM
Subject: Re: [ITCENTER] Cara membuat software jadi portable

> Hampir semua aplikasi yang tidak menambahkan sesuatu ke registry atau
> file khusus di folder C:\WINDOWS, umumnya bisa di pindahkan ke flash disk.
>
> Cara paling sederhana: Lihat dimana aplikasi tersebut di install
> (misalnya C:\Program Files\AplikasiBagus), copy folder tersebut ke flash
> disk dan jalankan di PC lain.
>
> Salam
> Albert

Wpy:
Klo program pemutar MP3 seperti WinAMP memang bisa
langsung dicopy dari Program Files dan langsung jalan di
flashdisk. Sedangkan klo aplikasi lainnya, sangat tergantung
dari file DLL yg biasanya ada di folder Windows\System32.
Klo program tsb membutuhkan runtime Visual Basic misalnya,
cukup copykan file runtimenya ke flashdisk dan cukup
dicopykan ke dlm folder aplikasi yg sama. Begitu juga dgn
program AutoCAD 2000 bisa jalan tuch secara portable.
Saya pernah copy program AutoCAD 2000 dari komp
desktop kntr dan saya jalankan di flashdisk di komp rumah
bisa jalan dgn baik. Cukup copy file DLL AutoCAD 2000
tsb ke dlm folder aplikasi AutoCAD yg telah dicopy paste
dari Program Files. Akan tetapi gak semua aplikasi bisa
jalan dgn cara seperti itu. Ada juga yg gak bisa jalan dgn
sempurna.

Program seperti AutoCAD 2000 yg informasinya masuk
ke regedit bisa jalan koq secara portable di flashdisk.
Program tsb sudah ada file INF (Information File) di dlm
folder AutoCAD. Jadi file INF ini bisa menyesuaikan
setting di komp baru dan menambahkan informasi program
masuk ke dlm registry. CMIIW.

Salam,
Wiempy