From: ITCENTER@yahoogroups.com [mailto:[EMAIL PROTECTED] On Behalf
Of Robert Setiady
Sent: 12 Agustus 2008 21:31
To: ITCENTER@yahoogroups.com
Subject: [ITCENTER] [TANYA] Motherboard Jumper

Rekan - rekan semilis dan Moderator yang terhormat ,

Saya mau minta tolong diberitahu untuk konfigurasi jumper yang ada pada
motherboard Acer Power F1. Karena saya sudah cari2 digoogling juga ngak
nemu..Ditanya ke Acer center yang ada di M2, mereka minta diservis, padahal
mainboard ngak apa2.. tanya di forum juga sudah.. Ceritanya gini.. Saya beli
Acer Power F1 beberapa tahun yang lalu. Saya lupa tutup chasing beberapa
hari yang lalu karena saya pergi ke luar kota.. dan sekarang Acer Power ini
dicabutin jumpernya sama adik saya yang masih kecil ...di motherboard ini
ada beberapa jumper seperti berikut
1. JP1 (fungsinya untuk clear cmos) ada 3 pin . dan cara untuk
menggunakannya tertulis dengan jelas di mainboard seperti ini .. pin (1-2)
normal , pin (2-3) clear
2. JP3 (fungsinya untuk bios protect) ada 3 pin.. dan cara menggunakannya
tertulis dengan jelas di mainboard seperti ini ... pin (1-2) write enable ,
pin (2-3) write disable
3. JPT3 (ngak tahu .... yang ingin ditanyakan) ada 2 pin
4. J1 (juga ngak tahu.. yang ingin ditanyakan) ada 2 pin
5. JP5 (juga ngak tahu.... yang ingin ditanyakan) ada 2 pin
6 JP4 (juga ngak tahu .... yang ingini ditanyakan) ada 3 pin
7.SPDIF01 (juga ngak tahu .. sama mau ditanyain) ada 3 pin
Posisi jumper yang sekarang terpasang hanya JP1 pin 1-2 dan JP3 pin 1-2
Masalah sekarang adalah komputer tidak mau diinstal ulang meskipun bios
sudah diclear dan write enable. Sympton yang kedua adalah komputer langsung
nyala pas kabel power dicolokin jadi tanpa dipencet Power button yang ada di
CPU nya.
Specifikasi computer
Desktop Acer Power F1
CPU 2.66 Ghz/512/533 Mhz
DDR1 512 merk Kingston dengan chipset kingston (2.6 v) KVR400X64C3A/512
HD Seagate 40 GB
DVD combo
Power Supply with noise killing
Tidak ada extension card (Karena modem bawaan sudah saya cabut)
Pertanyaan saya bagaimanakah setting JPT3, J1,JP5,JP4,SPDIF01 kalau bisa
diberi tahukan juga fungsinya.
Tolong dibantu yah .. saya sudah stress.. cari jawaban dimana2 dan berhari2
tidak ketemu. Masa karena dicabut jumper dan musti dipasangin di Acer
Service Center kena biaya pasang IDR 165.000 + 16.500 (pajak) cuma buat
biaya pasang jumper doank?

Terima Kasih