Dear All,

Saya jawab sekaligus yaa....

1. Untuk Lotus Domino (Servernya)...kalo mengenai Spam, bisa menggunakan
Trendmicro Scan Mail Domino atau Symantec Mail Security for Domino...itu
diinstall di server Domino-nya....atau menggunakan Antispam luar seperti
Fortinet atau Ironport...kelemahan Antispam luar adalah...mereka tidak bisa
berinteraksi langusng dengan Lotus Domino Servernya...

2. Untuk Licensing CAL, memang diberikan cuma Certificate, tapi tidak
menutup kemungkinan mendapatkan CD atau bisa Download langsung dari situs
IBM, kalau untuk lebih lengkapnya bisa tanyak ke IBM-nya...memang beli
dimana yaa kemarin license-nya....??