suryohadi wrote:

> Dear all,
>
> Mohon petunjuk..
>
> Saya akan membuat suatu jaringan komputer...
>
> Kira-kira 10 pc/workstation, Pertanyaan saya :
> 1. Kelebihan dan kekurangan untuk membuat LAN dgn sistem kabel CAT5
> (Cable LAN)
> 2. Kelebihan dan kekurangan untuk membuat LAN dgn sistem Wi-fi (W-LAN)
> Kelebihan dan kekurangan  tsb kita lihat dari sisi -> investasi,
> Network Management.

Rada males menjawab pertanyaan anda, karena informasinya selain panjang,
dengan mudah dibaca dari banyak referensi ttg network infrastructure,
kalau anda mau menyempatkan diri meluangkan waktu belajar sendiri.

Sekarang begini saja, tentukan kebetuhan anda dengan beberapa pertanyaan
berikut, dengan itu bisa ditentukan mana yg cocok :
1. Berapa bandwith yang dijamin harus tercukupi antar node yg terhubung
dalam network?
2. Seberapa tingkat keamanan yg diinginkan terhadap resiko penyadapan data?
3. Apakah node yang terhubung lokasinya tetap atau berpindah pindah?