saat harddisk terisi data, data tersebut ditempatkan pada lokasi (di
harddisk) yg cenderung berurutan, namun juga bisa secara acak, tergantung
dari slot yg kosong yg tersedia pada saat pengisian data.
katakanlah misalnya data selalu ditempatkan pada lokasi yg berurutan pada
harddisk. Lalu ketika dihapus/diformat, sebenarnya data masih tersimpan
secara fisik pada harddisk, hanya saja secara logical datanya sudah dianggap
terhapus.. sebagai ilustrasi, anggap saja ada suatu database khusus pada
harddisk yg menyimpan daftar alamat harddisk yg sudah terisi atau belum.
sekali lagi, jika suatu file dihapus/diformat, hal ini hanya menghapus
beberapa entry di daftar alamat yg saya sebutkan tadi, tapi data masih
tersimpan secara fisik.. karena terjadi penghapusan/pemformatan, maka alamat
yg sudah dianggap kosong tadi BISA SAJA tertindih / ter-replace oleh data
lain yg memiliki kepentingan untuk mengisi alamat yg 'dianggap kosong' tadi.

Yg saya tahu,, cara kerja program seperti easy-recovery adalah men-scan
setiap sektor fisik pada harddisk, BUKAN berdasarkan daftar alamat yg saya
sebutkan tadi, jadi dia bisa menemukan file-file yg sudah tidak ada di
daftar alamat, tapi masih ada secara fisik..
Selanjutnya, setelah recovery selesai, jika file hasil recovery berhasil
dibuka/tidak corrupt,, itu artinya alamat harddisk yg ia tempati setelah
penghapusan/pemformatan TIDAK PERNAH diganggu gugat oleh file lain, jadi
tidak ada bagian / fragmen dari flie itu yg terpotong / ter-replace file
lain.
Sebaliknya, jika file corrupt, beberapa bagian alamat harddisk yg ia tempati
PERNAH di-replace oleh file lain. Jika ternyata di software tersebut
tercatat ukurannya sesuai, ia hanya membaca dari header file tersebut, tanpa
mempedulikan terusan dari file itu.

btw, konsep recovery ini juga erat kaitannya dengan konsep fragmentasi file.

CMIIW ......
buat teman2 ITCENTER lain yg tau.. tolong dishare juga.. siapa tau ada yg
salah dari saya :)
terima kasih

http://www.ukhuwah.or.id