Ridha Pradana wrote:

> Kantor saya akan beli server seharga 35 jutaan. Pilihan merk jatuh
> pada DELL dan HP. kira2 tipe apa yang optimal?
>
> Keperluan untuk server database (ms sql server).

Kalo soal type yang mana, kalo tidak disertai dengan capacity planning
yang tepat akan rada susah. Tapi generically, sifat sifat database
server adalah :
a. very good in multithread, jadi go to SMP boxes, yg bisa multicore
atau multisocket. Multicore lebih murah dari multisocket
b. demand RAM access yang besar dan cepat. Jadi jaman sekarang paling
tidak cari yang bisa handle RAM paling tidak 8GB. Server chipset jaman
sekarang malah sudah mulai bisa 16GB. Kalo ada option untuk ECC that
will be the best. AMD based pakai HyperTransport better than Intel
c. big I/O. Kalau mau cepat ya hardware RAID 1+0, tapi kalo mau
economical, pakai  hardware RAID 5. Tapi kalo ini OLTP database, pakai
RAID 5 buruk, karena banyak RAID 5 hole. SAS atau SATA disk sekarang
cukup, kecuali anda mau cari disk 15K RPM
d. Gigabit Ethernet sudah murah. Cari paling tidak server yg onboard GE.
Cari yang Intel atau Broadcomm based Gigabit Interface. Jangan mau kalo
pakai Realtek atau MArvell.
e. Ada option untuk combining UPS dengan automatic shutdown. Banyak data
yang dicache di RAM, jadi cukup berbahaya kalo power hilang ketika data
belum di-destage. Jadi kalo ada UPS dan automatic shutdown, bisa aman,
paling tidak cari yang bisa cover 15 minutes.