Ini yang ditanyakan:

(1) result query?
atau
(2) syntax SQL query didalam property ADOQuery.SQL.Text?

Kalo sebab (1): result query untuk hasil yang numpuk saya belum
pernah ketemu,

Cuma mungkin maksudnya:

ADOQuery.Close;
ADOQuery.Open;

Kalo record updated bisa: ADOQuery.Requery;

Kalo sebab (2): metodanya gini..

ADOQuery.SQL.Close;
ADOQuery.SQL.Clear;
ADOQuery.SQL.Add(`SELECT * FROM TABLENAME'); // ganti dengan macam2
query;
ADOQuery.SQL.Open;

Kalo lebih aman saya create function RunQuery, untuk hanya yang
membaca, bukan menulis bisa dgn spt ini:

function RunQuery(const ASQLQuery: String; const ADBName:
TADODatabase): Boolean;
var      Aquery: TADOQuery;
begin
  Aquery := TADOQuery.Create(self); //
  Aquery.Database := ADBName;
  Aquery.SQL.Clear;
  Aquery.SQL.Add(ASQLQuery);
  Aquery.SQL.Open;
  Result := Aquery.DataSet.RecordCount > 0;
  Aquery.Free;
end;

panggil fungsi ini untuk Query spt misal:

var AParamStr: String;

begin
  AParamStr := 'tblName.SID = 10044'; // <-- ini bisa macam2
kombinasi parameter
  RunQuery(Format('SELECT * FROM tblName WHERE %s',[ParamStr]),
DbName);
end;

fungsi ini return valuenya adalah FALSE jika hasil total record query
= 0 dan TRUE jika total record query > 0.

hasilnya lebih bisa di trace dan jelas.. daripada langsung
melewati method ParamByName..

moga2 bisa membantu..

rgrds,

= timox =