Dear all,

Dari segi paket harga, Telkomsel bisa dikatakan sama dengan XL. Telkomsel
150 ribu / bulan, sedangkan XL 5000 / hari jadi kalau 30 hari ketemunya juga
150 ribu. Sedangkan agak mahal Indosat, kalau langganan bulanan minimal 190
ribu tapi kalo on demand 175 ribu. Saya sendiri pakai Indosat on demand 1
bulan.

Dari segi aktivasi, semua operator melalui SMS. Dari pengalaman saya dan
beberapa temen2, untuk Indosat dan XL paling lama cuma 10 menit. Sedangkan
Telkomsel bisa mencapai 12 jam.

Dari segi jaringan, mungkin Telkomsel terluas dibanding yang lain tetapi
kualitas sinyal untuk data seperti tidak sebagus kualitas suara. Jadi dari
segi kuantitas signal memang luas, tapi ketika berhubungan GPRS, agak lambat
responnya. Yang cukup stabil dimana2 adalah Indosat karena kalau tidak salah
jaringan data dan voice dipisahkan. Kalau tidak salah juga Telkomsel dan XL
jaringan data dan voice digabung. Untuk didalam kota XL memang lebih cepat
dibanding dengan Indonsat karena istri saya pakai XL. Sebelumnya saya juga
pernah pakai unlimited Telkomsel Flash yang akhirnya saya hentikan
langganannya dikarenakan terlalu lambat aksesnya.

Kalau saya boleh ambil peringkat urutan dari blackberry service atau data
service, Indosat nomor 1 dilanjutkan XL dan yang terakhir Telkomsel.

Wassalam, Amrul