On Fri, 24 Sep 2010 09:01:16 +0700
Eko Suhardiman <ekosuhardi...@gmail.com> wrote:

> Pagi..,
> Kebetulan di kntr lagi lagi ada kebutuhan untuk upgrade hdd untuk Sun
> Server X2200, dimana hdd sebelumnya dg Merk : HITACHI, SATA 250 GB.
> Yang ingin saya tanyakan :
> 1. Apakah bisa dengan diganti hdd biasa (sperti yang ada di PC)??Kalau
> memang tidak bisa, dimanaka perbedaannya?Karena sejauh ini, saya
> tanya ke rekan-rekan disini, jawabannya rata-rata masih ambigu, ada
> yang bilang bisa, tapi tdk sedikit jg yang bilang tidak bisa.

Bisa, saya pakai yang maximum, 1 TB SATA II.

> 2. Pada umumnya hdd untuk server berjenis : hotplug. Nah, yang
> menentukan hot plug atau tidaknya itu dilihat dari hdd atau
> servernya? Maksudnya, kalau memang dari server, berarti dg type hdd
> biasa, bisa diaplikasikan ke server tersebut. Apa benar demikian?

Yg bikin bisa hot plug itu :
a. bracket-nya
b. SATA/SAS controller
c. OS-nya support dynamic reconfiguration (misalkan Solaris "devfsadm"
command atau "cfgadm")

Hard disknya sendiri tidak berpengaruh.

Saya sendiri pakai OS Oracle Enterprise Linux. Kalo ada disk baru, kudu
reboot, jadi percuma juga hot plug.

--
The Eye In The Sky <syiwabhair...@yahoo.com.sg>