Seru memang kalau membahas ini.
Di satu sisi memang sebuah keuntungan untuk menggunakan satu lisence windows
untuk penggunaan bersama-sama.

Sehingga resouces kita tidak terbuang sia-sia.
Saya sendiri pernah menggunakan ini saat membuka warnet, listriknya sangat
efisien.

>Ada sejak SP2. Selain dipertegas dengan statement dari Microsoft, juga
>SP2 patch akan membuat XP hanya bisa diakses 1 user, baik local ataupun remote.

Maaf pak, untuk saya malah Windows XP SP2 adalah yang paling stabil untuk di
Thin Client Kan.

>soalnya saya baca2 EULA XP SP 2 di microsoft poin 1.3 dijelaskan untuk connect
>melalui device dibatasi sampai 10 device. sedangkan di point 1.4 untuk koneksi
>remote desktop/remote assistance/netmeeting (dan software semacamnya) tidak
>dibatasi.

Betul sekali, di 1.3 memang dijelaskan untuk connect melalui device maksimum 10
device. Tetapi di 1.5 dijelaskan aturan untuk pengunaan jaringan / storage
external. "A license for the Product may not be shared or used concurrently on
different Workstation Computers."

Seperti yang saya bilang sejak awal, satu-satunya Operating System Microsoft
yang SAH untuk Thin Client adalah MultiPoint 2010.

Sedih ya teman-teman dimana sesuatu yang bertajuk "GREEN" selalu harus dibayar
dengan uang yang lebih mahal. Efisiensi listrik harus terbentur kebijakan
lisensi.

Kebetulan saya akan punya proyek yang berhubungan dengan MultiPoint2010, saya
juga ingin berkonsultasi dengan anda yang tertarik dengan "Green Technology".

Semoga Membantu