The Eye In The Sky wrote:
> On Tue, 26 Oct 2010 10:49:19 +0800 (SGT)
> Den Bagus <w4r5...@yahoo.co.id> wrote:
> rekan2 IT semua mohon pencerahan, space IP yg saya pake dg segmen 192.168.1.1
> dst sudah hampir habis..mohon
> masukanya..sementara bnyak komputer baru yg akan dipakai..

> 1. Bisa dengan memperbesar network range dengan menggeser subnet mask ke arah
> kiri
> 2. Bisa juga dengan menempatkan komputer baru di range network address yang
> lain dan melakukan routing antar network segment tersebut.

cmiiw, supaya gampang namun tidak terstruktur :), mungkin komputer
server (yg diakses oleh pc lain),
ditambah ip subnet  lain, mis 192.168.2.x, ntar komputer baru
menggunakan ip subnet baru tsb. jadinya
dalam satu jaringan fisik ada 2 subnet gitu.

ide no.1, harus ganti ip semua pc? kecuali semua obtain ip from dhcp.
ide no. 2, mungkin sebaiknya sih berupa jaringan fisik yg terpisah,
misalkan tambah lantai baru or gedung baru.
eh, ada kemungkinan bisa langsung digabung dalam satu jaringan fisik yg
sudah ada. router bisa pake mikrotik yg murah.
bahkan mungkin bisa pake 1 port saja di mikrotik, dikasih 2 ip, satu
kabel saja ke switch. atau pake 2 port, 2 kabel ke switch.
routing table semua pc client utk ke segment seberang diarahkan ke
router baru ini. ato sekalian router ini disatukan dgn router
ke internet yg sekarang ini, jadi tidak usah tambah routing, cukup pake
gateway saja. cmiiw.

thanks.
anto