On 11/29/2010 10:22 AM, Suryadinata Wijaya wrote:

> temen2 mungkin ud banyak yang berpengalaman, aku lg bingung ni untuk
> buat database barang dan stok barang.
>
> 1. sistem yang aku pakai FIFO ( First in Firts Out)
> 2. bingung kalau harga barang2 berubah2, misalny pertama kali kita
> beli pensil dengan harga 1000 trs kemudian kita beli lagi pensil
> dengan harga 1500. nah ak bingung apakah pada tabel barang pensil
> menjadi 2 row? klo jadi 2 row kekny normalisasinya kurang rapi.
>
> mohon bantuan dan informasinya

Pensilnya satu merek? atau beda. kalau beda ya bedakan inventorynya

atau

bila pensil sama merek dan antisipasi harga berubah2, setiap pembelian
pensil baru di beri kode pembeliannya dengan kode inventory baru.
semacam LOT INVENTORI

misal pembelian pensil pertama dikasih LOT INVENTORI PENS001 harga
peritem (LOT PRICE) Rp. 1000
pembelian kedua dikasih LOT INVENTORI PENS002 harga peritem (LOT PRICE)
Rp. 1500

untuk pemberian nomor LOT INVENTORI dibuat sistem otomatis saja

--
Regards,
Syarifuddin

http://www.darinol.net - MS Windows Server 2008 R2 Tutorial for Newbie