On Wed, 29 Dec 2010 11:50:47 +0700
Damai <damai7...@yahoo.com.sg> wrote:

> Imho, menurut logika saya, seharusnya kemampuan router adalah
> berdasarkan kemampuan prosessing.
> Mungkin berdasarkan jumlah paket data yg bisa diproses tiap
> detik/concurrent session yg bisa dihandle.
> Dan mungkin harusnya bukan berdasarkan jumlah IP source.
> Kecuali memang desainnya hanya bisa nampung 16 source IP/MAC address.

Anda memang benar bahwa router biasa dihitung berdasarkan PPS dan BPS yang bisa
dilewatkan.
Tapi anda mungkin lupa kalau SOHO router biasanya bukan router biasa, tapi NAT
router.
Dalam NAT ada yang namanya Connection Tracking. Ketika jumlah CONN_TRACK
terbatas, misalkan 1600 session, dan 1 client mungkin spawn 100 established
connection, otomatis connection yang bisa dilewatkan yg cuman kira kira 16
client concurrent. Routing tablenya sendiri sih bisa handle banyak lebih dari
16 tersebut.
Atau contoh saja di SOHO NAT Router tersebut, saya spawn Bitorrent client yang
bisa sampai 450 seed/leecher connection per file. 1 PC dijalankan saja mungkin
sudah mampus tuh SOHO routernya kalo saya lagi asyik download movie movie.

--
syiwabhair...@yahoo.com.sg <syiwabhair...@yahoo.com.sg>