Wah saya ndak tahu alasan apa kenapa AD jadi tidak bisa terbackup kalau tape
drivenya tidak lokal.
Saya cupu sih soal Windows, tapi terakhir pakai Windows Server 2003,
bukannya kalo dia jalanin program NT Backup yang gretongan aja dia otomatis
bikin Shadow Volume (Point in Time Copy) dari suatu volume? Jadi masalah mau
di backupnya 1 detik atau 1 minggu, is a moot point toh? Yang di backup kan
Shadow-nya.
Tapi ya kalo ada alasan lain, saya tidak tahu yah.

-- Disoftware backup yang saya pakai ini ada agent yang otomatis backup
semua System state yang didalamnya itu ada AD, Registry, Sysvol, Boot and
system protected files dan SQL Server. Jadi tinggal dicentang aja jika ingin
ikut dibackup.

Walau saya tahu kalau hard disk SCSI bisa dibuat dual initiator, sehingga
bisa diakses dua mesin bergantian dimana satunya ganti SCSI ID dari 7 ke 6,
tapi saya belum pernah melihat hal ini diterapkan di tape library, apalagi
SAS.

Yang saya tahu sih kalo multi server begitu sih pakai Fiber Channel yah,
itupun biasanya ada intermedia broker ACSLS Automated Cartridge System
Library Software, yg kerjanya mengatur supaya robotic dan tape drivenya pada
satu saat dikontrol siapa. Kalo tidak kan kan ndak lucu, mesin satu lagi
menyuruh robotic arm-nya bergerak dari A ke B, mesin satu lagi minta dari A
ke C. Bingung atuh. ACSLS akan membuat robotic-nya bergerak dari A ke B,
lalu balik ke A lagi baru ke C. Atau malah dari B langsung ke C bergantung
mau ngapain.

-- Ok pak saya mengerti kenapa interface media backup itu hanya 1. Memang
hanya tambahan LAN Gigabit Solusinya.

Terima kasih pak The Eye atas bantuan kasih infonya.