On 1/7/2011 6:55 AM, MantikB wrote:
> Dear rekan2x , saya berharap semua selalu dalam keadaan sehat.
>
> mau tanya nich bagi para IT yg sudah terbiasa mengenai  : tata kelola arcserv
> backup untuk mail server&  file server
> 1. seperti apa saja (file/folder) untuk kedua server tsb yg wajib di backup.
> 2. bgmn caranya bila terjadi kerusakan di server, prosedure apa yg dilakukan
> utk
> recovery.
> 3. Ada yg punya manualbook mengenai prosedur itu semua, mohon sarannya.
>
> terimakasih

Backup data umumnya pakai sistem GFS (Grand Father - Father - Son)
Son = backup harian
Father = backup mingguan
Grand Father = backup tahunan

Jadi untuk 1 tahun, butuh 7 media harian, 52 media mingguan, 1 media
tahunan. Ini bisa di rotasi sesuai kebutuhan.

Selain itu, kalau mau bagus, pakai juga sistem 3-2-1:
3 = yaitu 1 file 3 backup
2 = yaitu 2 media berbeda (1 tape, 1 hdd external)
1 = yaitu 1 penyimpanan offsite (luar kantor)

Cara backup/restore tentunya tergantung software backup dan accessories
software backup yang digunakan. Misalnya saja, seingat saya, ArcServe
punya opsional software (agent) yang bisa digunakan untuk backup open
file. Dengan cara ini, file/mail server yang file-nya sedang di
buka/aktif, bisa di backup. Bisa juga memanfaatkan Virtual Snap Shot
dari Windows Server. Jadi pelajari fitur-fitur dari "ArcServe Versi x",
bukan "ArcServe" saja, karena setiap versi punya fitur yang berbeda.

Masalah buku manual, masuk ke situs pembuat ArcServe. Biasanya di bagian
support/download, mereka menyediakan manual yang bisa di download.

Salam
Albert