sy coba bantu ya om mamad, oh ya pertanyaannya agak mbulet :), tapi saya coba
bantu ya, coba tengok dulu databases aplikasi anda, apakah mysql atau firebird ?

bila seperti di atas pindahin saja semua databases ke linux server, sedangkan
client saat menjalankan aplikasinya bisa remote databasesnya ke linux server
anda.

jadi anda nggak perlu lagi server windows, dua-duanya linux server, untuk
sikronisasi data bisa menggunakan rsync atau aplikasi bawaan linux server anda.

peace and free