From: The Eye In The Sky <syiwabhair...@yahoo.com.sg>
Sender: ITCENTER@yahoogroups.com
Date: Tue, 19 Apr 2011 16:28:07
To: <ITCENTER@yahoogroups.com>
Subject: Re: [ITCENTER] Pilih storage hp eva atau netApp?

On Wed, 13 Apr 2011 05:13:30 +0000
aditiaw...@gmail.com wrote:

> Agan2 minta pencerahannya dong.. Milih storage level enterprise. Fitur2 serta
> Kelebihan dan kekurangan masing2 produk.

Definisikan dulu feature yang anda butuhkan itu apa.
Lalu align dengan yg disediakan storagenya.
Percuman beli feature yang tidak akan terpakai.
Lalu compare, harganya berapa (jangan lupa maintenance cost untuk paling tidak
5 tahun ke depan). Kenapa 5 tahun? Karena pada umumnya storage akan berumur
lebih panjang daripada server karena data yang dikandungnya. Bisa jadi anda
punya server baru, dan membuang server lama. Tapi pasti orang akan mikir 100
kali kalo disuruh buang storage lama karena ada data penting di dalamnya :P

Saya sendiri akan meminimasi jumlah vendor dalam system saya, tapi tidak sampai
terjadi vendor lock-in.
Jadi kalo server saya sudah HP Proliant, ya storage saya akan beli HP EVA.
WAlaupun jadinya cuman satu vendor, tapi ini bukan vendor lock-in, karena any
day saya bisa tukar server dan storage pakai Dell Precision dan Dell Equalogic,
misalkan.

--
The Eye In The Sky <syiwabhair...@yahoo.com.sg>