From: Erwin Bayu Aji <erwinb...@gmail.com>
To: ITCENTER@yahoogroups.com
Sent: Sun, May 22, 2011 10:07:03 PM
Subject: Re: [ITCENTER] [ask] 2 mail server untuk 1 domain

Mas, mau tanya nih....

Tujuan ini apa ya?? """"nah bisa gak dengan 1 domain itu aja mail server yg
dibandung khusus menghandle user2 yang dibandung aja dan mail server yang
dijakarta menghandle user yang dijakarta aja tapi tetap dengan 1 domain
yaitu abc.com""""

Kalau bisa pake 1 server, knapa harus 2? ada di jkt dan bandung (operational
n maintainance cost-nya jadi mahal kan?).....kan malah boros toh
mas....centralize aja di Jakarta/bandung (misalnya gitu) trus buat
backup/'standby'/redundant server, jika sewaktu2 yg primary down, yowis, yg
satu tinggal up (misalnya gitu). Kan lebih simple toh?

Atau kl mau simple lagi  yowis, pake jasa 3rd hosting untuk manage email,
kan banyak sekarang perush yg menawarkan jasa itu...jadi ente gak perlu
siap2in infrastructure, licenses, etc....tinggal manage remotely via web
untuk maintenance/add/remove mailbox, etc..(misalnya gitu).

salam
Erwin