Sudah jelas bahwa masalahnya di komputer yang tersambung ke Internet,
karena begitu LANnya diaktifkan langsung berdampak ke komputer yang
lainnya khususnya server.
Jadi solusinya cukup fokus ke komputer ini saja, tidak usah kotak katik
server dan yang lainnya.
1. Putusnkan sambungan ke LAN
2. Bersihkan komputer ini dari Virus / Trojan yang ada di dalamnya, saya
pastikan ini virus generic sejenis trojan yang memang cara kerjanya jadi
mesin spam/ troja bagi komputer yang lainnya, karena di kantor saya
pernah mengalaminya persis.
Hilangkan dulu virusnya baru update patchnya. Kalau cuma di update
patchnya tidak akan menyelesaikan masalah
Kalau perlu copot hardisknya dan bersihkan di komputer yang lain, karena
biasanya antivirusnyapun sudah kena jadi tidak akan mengenali virusnya
seolah 2x tidak ada
Kalau tidak mempan dan perlu install ulang, install ulang dengan format
3. Pastikan semua komputer yang ada terpasang Antivirus & Update
4. Baru sambungkan kembali ke LAN

Semoga membantu