1. kalo mau murmer bisa pakai mikrotik
tapi diliat dulu hang nya kenapa? bisa jadi ada virus atau DDoS ke router anda.
2. switch dan router beda fungsi, jadi jelas gak bisa
3. semua switch pasti punya MTBF,  coba aja cari yg MTBF terbesar, tapi
biasanya 4-5 tahun rata2 udah mati.

BTW router yg dimaksud ini beneran router (CISCO/Juniper atau hanya utk NAT aja
ya?