Saya mencoba membantu menjawab pertanyaan anda.

1. Soal switch
pemilihan switch 100 Mbps ato 1000 Mbps itu dapat dipertimbangkan dengan
melihat seberapa besar trafik data di jaringan komputer anda. kalo pun
trafik data di jaringan komputer kantor masih kecil, ga ada masalah anda mau
menggunakan 1000 Mbps switch sekalipun, walo sebenarnya cukup berlebihan,
tapi anggaplah itu sebuah investasi untuk kedepannya. Tuk merk, banyak
produk bagus tersedia di pasaran, seperti allied telesis n 3com.

2. Sistem backup
saya pengen bertanya ke anda sebelumnya, seberapa besar data yg akan anda
backup? Jika kantor anda mau berinvestasi, tak ada salahnya penggunaan tape
backup boleh dijadikan pilihan.

3. Akses internet
semua departemen bisa mendapatkan akses internet, tinggal anda mengatur
routing nya aja.

4. unified threat management
ada beberapa produk unified threat management yg beredar dipasaran sangat
layak digunakan krn fungsinya merupakan penggabungan beberapa
system/perangkat menjadi satu system/perangkat. tinggal anda jeli aja dalam
memilihnya.