On 1/26/2012 9:37 AM, nur kuncoro wrote:
> Teman2 rekan IT,
> Dikantor ada laptop yg yg terkena virus, rupanya memang tidak di install AV.
> Masalahnya saya ingin membersihkan virus, worm, dkk-nya tanpa install OS
> ulang. Berbagai cara sudah saya coba, yaitu:
> 1. masuk ke save mode, trs coba install karspersky virus removal tool ga bisa
> juga.
> 2. coba scan On Line juga gagal, karna tiap kali kita ketikan kata "virus"
> pada search engine lalu browser selalu menutup sendiri.
>
> Mugkin ada ide yg lainnya???. Trimakasih ya buat sharing info.nya:)

Berapa jam waktu yang sudah terbuang untuk membersihkan 1 PC ? Kalau 1
PC anda sudah butuh waktu lebih dari 6 jam, mungkin masih lebih cepat
jika backup data dan reinstall Windows.

Tapi kalau memang masih ngotot mau remove tanpa reinstall, lakukan hal ini.

1. Cabut koneksi LAN
2. Masuk safe mode
3. Jalankan virus removal.
4. Restart dan masuk ke Windows secara normal. JANGAN KONEK KE LAN !!
5. Install update/patch Windows. Kemungkinan besar, ini yang jadi
kesalahan terbesar anda. Tidak ada artinya anda membersihkan virus,
restart Windows dan konek ke LAN TANPA update Windows. Cara update
Windows, terserah anda. Bisa anda download di PC lain secara terpisah,
masukkan ke flash disk dan install di laptop (dengan asumsi flash disk
100% bebas virus). Bisa juga, laptop konek ke Internet via modem mobile,
kemudian update.
6. Setelah semua selesai, baru konek ke LAN.

Cara lain, download virus cleaner berbasis Linux dan burn ke CD. Boot
dari CD dan bersihkan virus dari situ, jadi bukan lewat safe mode.

Contohnya
http://www.majorgeeks.com/download6005.html?2012-01-25

BTW. Download juga beberapa AV cleaner, dan jalankan semua, jadi tidak
tergantung 1 cleaner.
Misalnya:
http://www.majorgeeks.com/download5450.html?2012-01-25
http://www.majorgeeks.com/download4783.html?2012-01-25