From: Henkie Basuki Djayapranata <henki...@yahoo.com>
Subject: Re: [ITCENTER] KERJASAMA dengan PENDIDIKAN KEJURUAN (SMK TKJ/RPL/MM)
To: ITCENTER@yahoogroups.com
Date: Friday, March 2, 2012, 3:56 PM

      Kalau menurut pengamatan saya, saat ini masyarakat sedang salah kaprah.

Guru dan murid SMK itu arahnya adalah untuk bekerja, jadi arahnya bagaimana
merakit dan memperbaiki peralatan elektronik, otomotif dan sebagainya.

Jadi kalau disebut mobil esemka itu ciptaan mereka, sangatlah salah.

Itu hanya merakit komponen dari berbagai sumber dan merek yang sudah ada di
pasaran.

Jadi sama sekali tidak ada yang namanya R&Dnya.

Kalau memang mau, justru para sarjana S1, S2, S3 lah yang mesti merancangnya
dan mereka, guru dan murid SMK lah yang langsung membuat dan merakitnya.

Mobil esemka itu kalau di elektronik, sama seperti saya yang lulusan D3,
elektro, merakit sebuah amplifier audio dengan komponen yang ada di Glodok
Harco dengan rangkaian yang saya comot sana sini.  Apakah hasil karya saya itu
bisa disebut Amplifier buatan Indonesia ?  Berbeda kalau saya merancang
rangkaiannya berdasarkan ilmu yang saya pelajari dengan sedikit-sedikit
emngintip rangkaian yang sudah jadi.

Atau sama seperti rekan-rekan di IT Center yang mempunyai pengalaman hardware
dan software, kemudian merakit komputer desktop dan apakah komputer itu pantas
disebut sebagai komputer esemka atau komputer IT Center buatan Indonesia ?

Salam.