kayaknya memang level critical atas servers/perangkat networks bisa
ditolerir oleh management jika listrik mati dll.....sepertinya availability
dari servers juga bisa ditolerir, dan bisa dimatiin kapan aja....

jadi kalau weekend/tidak ada lembur dan tidak ada operator yg idupin genset
krn weekend dan tidak ada lembur itu tadi, yowis semua akan
mati....besoknya tinggal dihidupin lagi..tapi riskan banget tuh...gimana
kalo besoknya ternyata gak bisa hidup :)

Oya, lupa...bener mas, PDU APC dan PDU punya Emerson dll, sudah ada Network
controller, sehingga bisa menshutdown perangkat2 non servers tadi....dulu
pernah set PDU APC yg 32A atau yg kecil 16A, bisa dikontrol remotely juga
tuh....kasih alerting, pasang SMTP dll atau dulu waktu lagi booming sms
gateway, dikonekin ke sms gateway....komplit deh....sekarang semua sudah
banyak push email, lebih murah pake email alerting :)