Setahu saya tidak ada FPP untuk ms.windows, yang ada hanyalah jenis OLP dengan
produknya  GGWA.

From: "Wiempy" <wie...@gmail.com>
Sender: ITCENTER@yahoogroups.com
Date: Fri, 10 Aug 2012 12:06:44
To: <ITCENTER@yahoogroups.com>
Subject: Re: [ITCENTER] Tanya masalah Microsoft Windows License OEM dengan FPP

-----Original Message-----
From: Arie Barata
Sent: Tuesday, 07 August, 2012 5:01 PM
To: IT Center

Pada Lisensi Windows kan ada yang OEM ada juga yang FPP, yang saya tau kalo
OEM harus di-install pada kompi dengan spec yang sama pada saat aktivasi dan
setau saya tidak dibatasi berapa kali instalasi asal pada kompi yang sama
(setau saya untuk ganti memori, harddisk, VGA card gak masalah asal bukan
processor).

Yang ingin saya tanyakan apakah lisensi FPP bisa di-install dan aktivasi
pada komputer yang berbeda misal saya beli kompi baru tapi kompi yang lama
saya jual kosongan (tanpa OS), itu apakah bisa? Jika tidak bisa, lalu
bedanya dengan OEM apa?

==============
Wpy:
Lisensi FPP bisa diinstall di komp mana saja, jadi misalnya komp A
suatu saat nanti rusak, lalu anda punya cadangan komp B. Jika
komp A sudah terinstall lisensi Windows FPP, maka andai kata
komp A tiba2 mainboardnya rusak dan tidak bisa dipakai lagi,
maka anda bisa install lisensi Windows FPP dgn serial number
yg sama di komp B, lalu anda bisa aktivasi dgn telp ke Microsoft
Indonesia.

Sedangkan lisensi OEM melekat pada hardware yaitu pada mainboard.
Jika komp A anda install lisensi Windows OEM, lalu suatu saat nanti
mainboard komp A rusak, maka lisensi Windows OEM tersebut hangus
dan tidak bisa dipergunakan diinstall ke komp B maupun komp lainnya.

Agar lisensi OEM tidak hangus begitu saja, jika anda sudah terlanjur
punya lisensi OEM saya sarankan lisensi OEM diupgrade saja ke lisensi
OLP (Open License Program). Microsoft jual koq lisensinya. Untuk Win
XP OEM yg mau diupgrade ke Win 7 OLP harganya klo tidak salah sekitar
$ 155 US Dollar. Ketika lisensi OEM sudah diupgrade, maka ketika ada
kerusakan mainboard pada komp A, anda bisa ganti mainboard pada
komp A dgn mainboard lainnya, lalu anda install kembali Win 7 OLP
hasil upgrade ke komp A dan itu diperbolehkan oleh Microsoft
berdasarkan End User License Agreement (EULA).

Demikian info yg dapat saya sampaikan.

Thx,
Wiempy