makasih mas atas masukannya. Noted. Nanti saya coba baca2 lebih detail lagi.
Dulu waktu masih di NGO, sering komunikasi dan pakai Idirect VSAT provider
spt yg disebut di website tsb, gak pake VSAT provider dari indonesia. cuma
krn NGO ya enak deal globalnya dan dpt special price juga.

btw, sekarang sudah ada link VSAT SCPC 1:1 512 kbps, tapi msh untuk VPN
MPLS ke Jakarta. So, sepertinya mau coba pake link ini untuk trial VC-nya,
dilepas semua bebannya lainnya, dan dicoba VC untuk lihat kualitasnya spt
apa, baru bs dianalisa lebih lanjut kayaknya.

Dulu sebelum punya VC Polycom HDX7000 di Jakarta, kita biasanya pakai
outsources VC di virtual2 Office di Jakarta, on demand berdasarkan rate per
jam....tapi dihitung2 karena 1 thn terakhir sering melakukan VC, akhirnya
investasi sendiri aja krn seminggu bisa 2-3x VC, ketimbang harus kesana
kemari, keluarin uang sewa room, VC dan korban waktu, skrg invest di office
Jakarta...dan biasanya setelah org2 "keenakan" hehe, akhirnya minta
dibuatin di remote site. (dimana hanya bisa VSAT disitu).