harusnya sih gak ada masalah mas, kirim besar/kecil kan bisa disetting juga.
kalo ada masalah, sepertinya hanya kebetulan saja berbarengan dengan saat
ada user kirim email dg attachment besar.

Sudah upgrade exchange 5.5 dengan SP4?
Saya pakai exchange 5.5 di tahun 2000-2004 mas, sekarang sudah pakai 2010,
agak sedikit lupa dengan hal tsb, tapi harusnya tidak berhubungan kok
antara store.exe dengan kirim email dg attach besar. Coba anda cari SP
terakhir exchange 5.5, trus di patch dg latest SP, seingat saya SP4 adalah
SP terakhir dr 5.5

Juga coba googling di internet mas, siapa tahu bisa....soalnya 5.5 sudah
lama banget oi....
moga2 bisa cepat ketemu solusinya ya....sekalian mungkin bisa dipikirkan
untuk mengganti 5.5 dengan versi support dari microsoft, atau kalau ada
limitation budget, bisa consider mail server lain, spt qmail, mdaemon,
zimbra? atau hosting services, via google juga cost effective?

Thanks, Erwin