On 11/14/2012 1:13 AM, Damai wrote:

> Dear All,
>
> Ada rekomendasi utk NAS yg dukung differential/incremental backup?
>
> Jadi misalkan tiap bulan full backup 1x, kemudian tiap hari hanya backup
> file yg berubah saja.
> Backup bisa dengan run program dari PC maupun langsung dari NAS tsb.
>
> Kalo dari server file sharing Windows, saya biasa pake winrar dgn option
> manipulasi attribute archive.
>
> Cuma kalo pake NAS WD dan Buffalo, PC Windows ada masalah dalam mereset
> attribut archive
> yg ada di NAS, terutama apabila yg create file/akses terakhir file tsb
> [...]
NAS berbentuk hardware bisa dicoba QNAP, kalau mau mengoptimalkan
backup/disaster plann di tempat anda baiknya NAS WD/Buffalo anda
dioptimalkan dengan software open source seperti Bacula utk melakukan
pekerjaan backup full,incremental,differential dan bisa diset waktu dan
harinya, lalu di atur penempatan storagenya mau ke NAS WD dan Buffalo
anda. Dengan Bacula tdk ada masalah dgn atribut archive baik backup
sistem windows,mac,solaris,linux. Bacula bisa di admininster melalui web
based jadi dimanapun anda bisa memonitor sistem backup anda dan bisa
juga me-restore langsung.

http://henry.gultom.or.id