From: syiwabhairawa <syiwabhair...@yahoo.com.sg>
To: ITCENTER@yahoogroups.com
Sent: Tuesday, December 11, 2012 7:15 AM
Subject: [ITCENTER] Re: lisensi virtualbox ?

1. soal license, baca di email saya yang lain, pada intinya boleh asal tanpa
menambahkan extension pack.
2. kenapa kudu menggunakan CentOS sebagai Samba server? Kenapa tidak di
OpenSuse yang dijadikan Samba server? Directivenya sama saja kok di smb.conf
itu, malah SuSe lebih OK kalau mau dijadikan Samba Server karena winbind-nya
lebih progressive daripada CentOS.
3. tidak bijaksana memberikan service yang heavy disk I/O lewat virtualisasi.
Sebab pertamanya jelas, adanya overhead kecuali pakai hypervisor yang bisa
menggunakan VT-d. Selain itu VirtualBox punya problem melakukan caching disk
dengan cara melakukan async I/O. Jadi ada resiko kalau Guest OS, hypervisor
atau mesin crash, akan terjadi data corruption karena data masih ada di
hypervisor, dimana hypervisor menipu Guest OS bahwa data sudah ditulis di
physical disk, padahal kenyataannya belum.