2012/12/26 Albert Siagian <asiag...@gmx.net>

> Virus menyebar terus, itu 100% murni kesalahan orang IT, tidak kurang,
> tidak lebih.
>
> Sebaiknya jangan bikin susah user dengan solusi yang tidak masuk akal
> seperti diatas, hanya karena ketidakmampuan orang IT manage PC.

Betul kata Pak Albert.

Lakukan pengamanan jaringan & permission sharing sebaik mungkin.
Sebaiknya, user hanya ada dalam Group : Domain Users secara network
dan berada dalam Group : Users secara local PC. User tidak disetting
Domain Admins & Administrators. Dengan kondisi seperti ini, user tidak
bisa melakukan sharing data dalam PCnya sendiri karena berada dlm
group Users (kalau Power Users bisa sharing). Sediakan satu PC server
(disukai berbasis Linux, untuk berperan sebagai Data Sharing/Samba),
dimana user bisa membuat folder sharingnya masing2 (juga menyimpan
datanya). Juga, kalau tidak dibutuhkan akses USB port tutup saja, baik
secara extrem (disable by BIOS, kemudian BIOS dibuat password oleh
IT), atau secara lebih halus (gunakan script yang tersimpan pada
hidden sharing di server, yang berjalan setiap user login, yang berisi
nilai registry untuk mendisblekan USB). Gunakan juga antivirus yang
sifatnya corporate (cukup lakukan update manual/otomatis di server,
dimana antivirus client akan mengikuti updatenya, supaya ngga cape
update di client satu-satu).

Tapi kalau tetap membutuhkan aplikasi messaging yang sifatnya
corporate tapi opensource, kebetulan saya menggunakannya dikantor, dan
berjalan cukup stabil.
Pakai saja openfire, untuk messaging/jabber servernya. Sudah
multiplatform, dan log-lognya terarsip dengan rapih dan baik di
server. Integrated dengan database juga, sehingga memudahkan untuk
backup/restore import/export table2nya.
Linknya disini : http://www.igniterealtime.org/projects/openfire/

Lalu untuk jabber client, utk masing2 user. Sependek yang saya
bandingkan. PSI-IM, cukup baik dibanding yang lainnya, disamping bisa
pake pidgin (yang terkenal). Bisa send message/PM biasa, bisa chat dan
send file secara local. LAN Messaging ini jika sudah disetting dan
ingin diakses dari luar jaringan, juga bisa dipakai dengan menggunakan
VPN (tentu dengan pengaturan disisi server gatewaynya), bisa di
setting juga di smartphone, seperti android dan blackberry (tentu
dengan aplikasi chat lain yang punya fitur jabber/xmpp.
Linknya disini : http://psi-im.org/

Mudah-mudahan bermanfaat