On 1/15/2013 11:30 AM, syiwabhairawa wrote:

> Kebutuhan apa yang anda perlukan yang tidak bisa disediakan oleh Samba 3?
>
> Contoh saja, ada kebutuhan untuk link dengan Windows AD yang sangat
> complicated, atau butuh juga kemampuan SONAS, sehingga sebelum
> mencapai stable release, ada juga yang sudah pakai.
>
> Jadi mungkin bisa di share, pain point anda apa. Kalau tidak ada
> problem, mungkin sebaiknya tidak perlu ganti :)

Dari Samba 3 bisa diupgrade ke Samba4 langsung, Samba4 sudah masuk versi
stable awal tahun ini. Sejak masih versi Alpha saya mengikuti
perkembangan Samba4 Active Directory ini. Kelebihannya yaitu Support
Microsoft's Active Directory technology, Group Policies, Roaming
Profiles dan fitur lain sampai bisa diintegrasikan dengan Exchange
server. Versi apha saya pernah pasang di sebuah bank dan running well
sampai sekarang. Pakai Samba 4 untuk  mengurangi bujet membeli
os/software mahal.