Mohon maaf Pak Hengkie, Pendapat Bapak tidak sepenuhnya keliru, tapi tidak
sepenuhnya tepat juga.

Perbaikan mainboard (PC, laptop, tablet) sampai chip level sudah sangat
banyak dan marak sekali di Indonesia. Sparepart juga banyak yg tersedia di
pasaran. Cuma mungkin "pasaran" ini memang hanya familiar di kalangan
teknisi yg terlibat saja. Tapi di saat pasar online sudah demikian terbuka,
asal seseorang mau eksplore dengan baik, hampir pasti akan bisa menemukan
spare-part yg dibutuhkan.

Masalah seorang teknisi mau memperbaiki suatu perangkat, sebenarnya hanya
terkait masalah layak apa tidak, ekonomis apa tidak,
menguntungkan/menghasilkan apa tidak itu saja. Minimal buat saya, itu yg
jadi bahan pertimbangan. Kalo suatu mainboard PC/VGA Card, dll yg harga
bekasnya dibawah 400rb, tentu saya nggak "semangat' buat ngoprek, karena
akan berat mengenakan biaya lebih dr separo harga jualnya. Beda misal
VGA/board PC high end yg bekasnya saja diatas 700rb, tentu klien tidak akan
terlalu berat dikenakan biaya 200-400rb, dengan garansi 1-3 bulan. Karena
pertimbangan itulah, lebih banyak para teknisi ini menerima perbaikan
mainboard laptop, karena dipasaran hampir tidak ada part barunya.
Bekasnyapun harganya masih cukup tinggi. Hal yang sama berlaku juga untuk
tablet PC, xbox, dll.

Mengenai board yg multilayer, asalkan board + jalur masih utuh,kemungkinan
besar masih bisa diperbaiki. Tentu dengan teknik dan peralatan yang memadai.
Sparepart yg digunakan sebagian besar justru baru, bukan kanibal, kecuali dr
klien menghendaki biaya yg lebih murah, tapi kualitas kerja juga tidak
murahan, garansi rata2 1 bulan.

Kalo di service center, dipastikan kerusakan pada komponen mainboard pasti
disarankan ganti mainboard dengan model trade-in, dengan harga yg sangat
wah. (kalau dibandingkan dengan harga pasarana di kalangan teknisi).  Board
bekas, katanya, akan dikirimkan ke pabrik untuk diperbaiki sebagai cadangan
part mainboard bagus. Atau kadang dijual sebagai "rongsokan". Yang beli
"rongsokan" ini ya para teknisi seperti saya ini.

Mengenai mikrotik, hal yang sama berlaku juga, mikrotik tipe apa yg rusak?
Harga baru / bekasnya berapa? Kira2 "layak" apa tidak untuk diperbaiki.. ?

Iqbal