 From: 冴羽獠 (Ryo Saeba) <ryosa...@gmail.com>
To: ITCENTER@yahoogroups.com
Sent: Thursday, 28 March 2013, 21:36
Subject: Re: [ITCENTER] Re: hardisk low level format

2013/3/28 muhammad_wyzer <muhammad_wy...@yahoo.com>

> Dear Kurniawan Iwan,
>
> Gejalan harddisk tek tek dan sering hang seperti itu, biasanya kerusakan
> yang terjadi adalah kerusakan fisik pada harddisk. Harddisk itu termasuk
> non volatile, jadi dia membutuhkan catu daya yang stabil dalam menjalankaan
> fungsinya. (sorry agak ceramahin teori IT, coba search di mbah gugel dgn
> keyword volatile dan non volatile). CMIIW.

udah nggak nyambung, kebalik 180º pula penjelasannya. :)

RAM itu termasuk volatile memory. apa artinya? artinya kalo gak dikasih
catu listrik, data yang sudah ditulis di memory amblas, hilang.

HDD itu non-volatile, artinya adalah ketika listrik mati, data yang sudah
disimpan dalam bentuk binari 1/0 tidak akan hilang.

dan ini tidak nyambung dengan mengapa hdd rusak. hdd bisa rusak itu karena
tiap benda elektronik selalu punya resiko rusak, apalagi kalau ada komponen
mekanis seperti di hdd.

--
http://ryosaeba.wordpress.com ~ things left unsaid