sblm berbisnis warnet khan sdh tau ya bakal dpt brp keuntungannya?
krn lokasi yg memungkin hanya pakai vsat, artinya kedepan gak mungkin lah
3000/jam utk akses internetnya, setidaknya mesti dihitung ulang dgn
kondisi brp pc yg akan digunanakan, apl yg akan dijual apakah sekedar internet
apa ikutan game online yg boros bandwidth?
pasar yg ditargetkan jenisnya apa?, umumnya user menggunakan warnet selain game
online adalah internet, FB, youtube dll

lokasi desanya dimana ya?, klu mau internet ku band pilihannya pakai IPSTAR
punya, mmg prangkat hrs beli krn blm ada ISP yg mau sosial dgn sistem sewa, lg
an gak mahal2 amat lah prangkatnya dibandingkan jamannya IM2 (20-30jt an, merek
idirect)

Harga 1 set prangkat standar lengkap dgn modem, dish 1.2M, buc, lnb n pedestal
15 jt (franko jakarta), disarankan sih make dish yg 1.8M atau yg 2.4M dgn
perhitungan klu lg drop krn cuaca (sekitar -2db), prangkat outdoornya msh bs
mengcover shg kualitas signal ttp terjaga shg bw gak drop2 spt umumnya yg
terjadi dl, tentu harganya jd beda jika menggunakan dish 1.8 dan 2.4M ini (jg
rada ssh nyari nya)

nah utk sewa internetnya byk pilihan, dari yg cemen2 dgn ratio 1:100 (meski di
iming2 bw nya 1M/4Mbps) sampai dgn yg serius jualannya (dibatasin cm sampai 1:4)

service yg kami punya saat ini adalah sbb (dgn bbrp ratio spt 1:1, 1:2 dan 1:4)
768/256 Kbps
512/128 Kbps
256/64   Kbps

featured nya cm ditambahkan bw manajemen spy gak rebutan bw di setiap pc

klu tertarik japri aja ya pak Muchsin

ttg Vsat
sy kurang ngerti klu ada orang yg merekomended jgn menggunakan satelit,
emangnya sdh punya pengalaman mengoperasionalkan HUB?
meng operasikan ya bkn menggunakan jasanya, krn Vsat itu tdk sederhana  saat
commisioningnya
klu pun ada yg punya pengalaman buruk dg Vsat, yg disumpahin ISP nya dong bkn
Vsat/satelitnya, ada jg ISP yg  cari untung dg mengubah setingan shg user
seolah-olah dpt sesuai permintaan pdhal ngadal

Vsat/satelit banyak digunakan secara internasional, lihat sj singapore yg cm 1
pulau punya lebih dr 3 satelit, malaysia dg measat dan tvro nya, thailand dg
ipstar, indonesia dg palapa nya, india yg gak ada pulaunya malah mengandalkan
vsat utk akses dinegaranya
gak usah ngomong diluar asean deh, minder kt dgn penggunaan  vsat/satelitnya
utk militer spt mobile, kapal, pesawat terbang, helikopter, kapal selam dll

klu pun biaya yg mahal, ya itulah konsekuensinya
peraturan yg dibuat pemerintah yg menjadikannya mahal, dpr perlu study banding
keluar klu mau tau harga internet vsat, gak mahal2 amat harusnya
biaya yg dihitung itu sewa transponder sm port internet (gateway yg msh
monopoli singapore, mdh2 an aja ada investor yg mau buka gateway via australia
dan malaysia shg harga bs diteken habis tuh sporenya), nah klu sewa transponder
mmg mahal saat ini krn yg punya satelitnya msh songong sendirian diangkasa dan
dilindungin PP, ntar tuh klu sdh pasar bebas dan kebanyakan satelit asing
coveragenya ke indonesia, baru turun harga sewa transpondernya. KU band saat
ini baru ada palapaD, ipstar, NSS6, GE23, ST2, dll (gak inget). Mdh2an aja
tahun ini jadi 3 satelit lg meluncur diatas indonesia (asing maupun kita punya)