dear pak Agus,
kalo untuk kebutuhannya kelas berat atau Enterprise, saya sarankan beli Server
yang Tangguh sekalian
kebetulan kalo ditempat saya pake merk "Fujitsu"
spek nya kira2 ;
Xeon Processor, 8 GB Memory
6 HDD, SCSI-5, Hot Plug (jadi kalo ada yang Jebol/rusak 1 bisa langsung diganti
tanpa mematikan Server terlebih dahulu).
Ruangan ber AC
Ruangan Khusus Server.
Punya Backup Tape
Bandwith 1MB atau lebih kalo ada koneksi keluar kota (menggunakan Lease line
lebih baik)
saran saya, sebaiknya cari Konsultan pak,
jadi membangun Server itu Performancenya bisa bagus.
Switch2 juga pakai yang bagus.. (kami pakai Cisco).

semoga membantu...

NB: Efect; Budget juga harus kuenceng...

Regards

Harry Siswanto