----- Original Message -----
From: Ijayasakti

Dear Putra Mahkota,

Biasanya jika kita ingin memasukkan produk kita ke retailer dengan sistem
chain store seperti Hero, Giant dan Carrefour. Anda harus menghubungi buyer
terlebih dahulu. Coba deh anda main ke hero pusat di jalan Gatsu, pada
jam-jam kerja. Ada banyak pengusaha home industri maupun pengusaha
manufaktur consumer good yang mendaftarkan produk mereka.

Prosedur tiap supermarket berbeda, tapi secara garis besar, anda membuat
surat penawaran beserta contoh produk. Membayar listing fee untuk
mendapatkan No. PLU (Price Look Up). Setelah jadi baru produk bisa masuk.
Supermarket akan membuat PO (Purchase Order) yang biasanya berlaku untuk 3
hari - 1 minggu. Kemudian anda wajib mengatarkan barang. Mengenai TOP (Term
Of Payment) tergantung kebijakan maisng-masing retailer.

Hanya saja biasanya untuk supermarket yang sudah chain store tersebut, biaya
listing fee nya mahal. Apa lagi kalau produk anda juga sudah produk
nasional. Bisa puluhan juta. Dan PLU tersebut ada masa aktifnya juga.
Artinya jika retailer embuat PO, tapi produk tidak pernah di kirim, maka
service level anda di kategorikan buruk dan eksistensi PLU produk anda bisa
di hapus.

Semoga anda bisa memperoleh informasi, setidaknya secara umum....Bye..