Assl.wrwb.

Terapi ruqyah yang belakangan ini popular di
masyarakat memang menimbulkan pro-kontra. Berikut
opini saya berdasarkan beberapa informasi dan kajian
yang saya ketahui:

1.Ruqyah ada yang syar’i dan non-syar’i. Yang syar’i
tentu saja syaratnya sesuai dengan tata-cara dan
bacaan yang ma’tsur (sesuai tuntunan Rasulullah).

2.Beberapa pihak (termasuk PERSIS dalam hasil munasnya
kemarin) menganggap walaupun syar’i, ruqyah hanya
dibolehkan hanya untuk pertahanan diri dari gangguan
jin, dan bukan untuk pengusiran/terapi gangguan jin.
(terhadap pendapat ini saya masih ingin
mempertanyakan: lha kalau jin-nya sudah keburu
masuk/mengganggu, gimana cara mengusirnya??. Namun
saya bisa memahami pendapat ini, terutama kaitannya
dengan adanya kekhawatiran keawaman umat untuk
membedakan mana ruqyah syar’i dan non-syari/perdukunan
berkedok ruqyah)

3.Ada juga pihak lain yang berpendapat karena ada
tuntunan Rasulullah, maka ruqyah (syar’i) boleh-boleh
saja dilakukan, apalagi dengan fakta maraknya praktek
perdukunan berkedok Islam (misal Pemburu
Hantu/mengusir jin dengan jin yang lebih kuat). Ada
info, konon baru-baru ini di Jatim ada pertemuan para
dukun/”kyai”,  yang intinya mengeluh karena maraknya
ruqyah menyebabkan omzet perdukunan mereka merosot
tajam :-)

4.Salah satu inisiator dan penyelenggara ruqyah
(syar’i) adalah tim majalah Ghoib. Memang anggota tim
ini kebanyakan merupakan kader-kader jamaah
Tarbiyah/PKS, namun saya kira berlebihan kalau ada
tuduhan ruqyah merupakan “proyek” PKS. Di dalam PKS
sendiri ada pihak-pihak yang berpandangan seperti
PERSIS. Ada pula pihak yang berpandangan dengan
landasan hadits, bahwa memakai jasa terapi ruqyah akan
mengurangi tingkat ke-tawakal-an seseorang.

Saya sendiri berpendapat bahwa kita harus menghormati
semua perbedaan pendapat tentang ruqyah (syar’i).
Saya berpendapat terapi ruqyah boleh dilakukan, namun
dengan catatan bahwa ruqyah yang terbaik sebenarnya
adalah dilakukan sendiri (tanpa bantuan therapist),
dan seperti halnya teori kesehatan fisik, bagaimana
pun pencegahan lebih baik dari pengobatan. Artinya
lebih baik kita hiasi rumah kita dengan bacaan al
Quran dan doa-doa ma’tsurat setiap hari!

Wallahu a’lam.

Wassalam,
--amin

nb. Tanya-jawab soal ruqyah bisa dicari (juga) di
www.syariahonline.com