sekedar sharing....

betul pak, saya ada tambahan sedikit neh...!!
di istilah telekomunikasi terutama satelit ada istilah
azimuth dan elevasi atau longitude dan latitude atau
istilah awamnya horizontal dan vertikal.
itu untuk menentukan letak arah satelit berada atau
lokasi stasiun bumi berada. lebih tepatnya dimana
posisi kita ada dan kita mau menentukan posisi satelit
itu berada di mana.  satelit berada di atas bumi kan,
seperti matahari dan bulan?
dalam hal ini kita bisa menentukan posisi matahari
atau bulan berada tergantung kita di daerah mana.
masing2 daerah berbeda posisinya atau derajatnya.
tapi untuk menentukan hal itu kita harus menggunakan
alat baik yang manual atau bisa kita sebut canggih
(GPS).
dalam istilah geografi kita bisa menentukan lokasi
kita berada dengan berdasarkan lintang utara dan
selatan juga bujur barat dan timur.

terima kasih
rano's