Lima Langkah membuat Bisnis Biasa Menjadi Luar Biasa

Sudah dua hari ini saya dan suami sangat-sangat tertarik pada sebuah kios kecil di daerah Jl. RC Veteran, Bintaro..

Kios kecil yang selalu dipenuhi..ribuan (maaf hiperbola ;-).. puluhan orang mulai jam 3 sore keatas!

Jualan apa ya?
ternyataaaa..pisang goreng!

yap betul.

"hanya" pisang goreng!

Setelah kami mengamati dengan seksama (hehe, maklum dua dua suami istri berjiwa wiraswasta.. alias nggak bisa diperintah boss ;-),
saya dan suami mengambil beberapa kesimpulan mengapa si kios pisang goreng dengan nama toko "Pontia" itu bisa "sukses".

Dari kesimpulan ini saya pun iseng-iseng membuat coret-coretan, Lima Langkah membuat Bisnis Biasa Menjadi Luar Biasa ;-)

-- satu,
Cari keunikan dan keistimewaan setiap barang dagangan atau produk yang anda jual.

Pisang goreng sebetulnya produk biasa kan ya? Tapi dengan embel-embel sederhana seperti : pisang goreng asli Pontianak atau satu-satunya pisang goreng kipas isi 7 sayap..(hehe) pastinya akan membuat orang tertarik. Paling tidak..mereka akan berfikir sejenak.
Ohya, suami saya bilang, Pontia ini rasanya beda dengan pisgor biasa. ada rasa manis yang lebih terasa pada kriuk-kriuknya. Simple ya?

-- dua,
Cari trik untuk membuat orang penasaran.

Coba undang teman-teman anda sendiri untuk mencoba gratis. tapi minta mereka untuk berbaris dalam antrian saat akan mengambil. Orang yang lewat pasti akan berfikir, "wah jualan apa ya ini, bikin orang rela mengantri begitu panjang?" hehe..

Paling tidak cara ini berhasil loh untuk ayah saya -- yang hanya mau membeli makanan di restoran yang "parkirannya penuh" atau "antriannya panjang"..

-- tiga,
"Sok ramah" pada pengunjung ;-)

Saya sangat terkesima pada pemilik Blenger Burger Bintaro yang menyapa saya dengan senyuman dan angukan kepala, "Bu.." saat saya sedang mengantri pesanan.

Gesture ini cukup membuat saya merasa "dikenal" hehe..

Ternyata pengalaman ini juga dialami suami saya di sebuah Distro saat pemiliknya datang dan menyapa, "Eh mas, pakabar? gimana gimana.." wah langsung jadi ngobrol dan ujung-ujungnya bertukar kartu nama, padahal sebelumnya tidak kenal sama sekali.

Jadi ini bisa jadi cara yang efektif untuk membuat pembeli merasa "dekat" dengan produk anda.

-- empat,
Bikin kemasan yang unik

Pisang goreng biasanya dikemas dalam kantung plastik biasa kan. Bikin sesuatu yang beda misalnya dengan mengemasnya dalam kotak dengan disain yang sederhana tapi unik! (Waduh, habis ini kayaknya pemilik Pontia harus bayar promotion fee nih ke BundaInBiz ;-)

-- lima,
Siapkan hadiah/kejutan untuk pelanggan.

Ide ini muncul dari Quickly -- minuman bubble ini saat pertama kali muncul sama sekali tidak memerlukan gimmick promosi apa-apa. Beberapa saat setelah banyak saingan dan orang mulai terbiasa. Quickly pun muncul dengan kartu kecil untuk dicap setiap kali pengunjung membeli satu buah minuman seharga Rp.10,000,- bila cap telah terisi penuh maka kita akan mendapatkan 1 free drink!

Anda bisa membuat hadiah misalnya: pengantri ke-100 mendapatkan 5 pisang goreng gratis ;-)

Intinya anda harus menyiapkan anggaran promosi. tidak harus selalu dalam bentuk bikin TV Commercial yang super mahal itu kan ;-)

Cara lain yang paling mudah adalah,
cari daerah-daerah yang macet di pagi atau sore hari. dan bagikan gratis produk anda dalam waktu 10 menit saja (kalo lebih dua jam kayaknya bakalan tekor duluan ;-)

atau yang lain, seperti ini..(eh ini beneran loh ;-)

www.bundainbiz.com

Kirim email ke