Berikut ini diambil dari syariahonline tentang bagaimana mengajak anak ke masjid ( dalam kaitannya dengan ibadah ). Semoga bermanfaat.

Konsultasi : Keluarga
Ngajak Anak Ke Masjid

Pertanyaan:

ass.wrwb.
Begini ustadz, di kampung saya setiap maghrib dan isya' banyak jamaah yang membawa anak2nya (sekitar 3-5th) untuk ikut sholat berjamaah.. nah masalah yang timbul adlah terjadinya kegaduhan dimana anak2 tsb. berteriak2, berlari2anm, bahkan sampai ada yang BAB didalam masjid.

Pertanyaannya bagaimana sebaiknya dalam islam untuk mengatasi masalah ini? umur berapakah baiknya mengajak anak untuk turut berjamaah di masjid? adakah kiat2 untuk mengatasinya?

sekian, terima kasih ustadz.

wass.wrwb.

Budzul

Jawaban:

Assalamu `alaikum Warahmatullahi Wabaraktuh
Alhamdulillah, Washshalatu wassalamu `ala Rasulillah, wa ba'd.

Sesuai dengan sabda Rasulullah SAW, perintah melakukan shalat itu ketika seorang anak berusia 7 tahun. Dan bila telah sampai usia 10 tahun namun tetap tidak mau shalat, sudah boleh dipukul.

Karena Rasulullah SAW selalu mengajurkan untuk shalat berjamaah di masjid, maka secara tidak langsung bisa kita ambil kesimpulan bahwa anak-anak usia 7 tahun itu sudah boleh diajak ke masjid. Sebab mereka sudah bisa diatur untuk tertib, tidak bercanda, tidak berisik, tidak berlarian kesana kesini dan yang paling penting, tidak Be-A-Be di masjid.

Sedangkan anak yang masih 2 atau 3 tahunan, memang belum ada masyru`iyah untuk menyuruhnya shalat, tentu termasuk mengajaknya ke masjid. Sebab, bila dibawa ke masjid sementara mereka hanya mengganggu saja, akan merusak kekhusyuan shalat. Kecuali orang tuanya bisa menjamin anaknya tidak akan mengganggu, boleh saja sesekali diajak ke masjid, sebagai pengenalan awal.

Namun sekali lagi, belum ada masyru`iyah untuk memerintahkan shalat dan terkait dengan dengan itu, belum ada anjuran untuk mengajaknya ke masjid. Meski pun hukumnya tidak terlarang.

Hadaanallahu Wa Iyyakum Ajma`in, Wallahu A`lam Bish-shawab,
Wassalamu `Alaikum Warahmatullahi Wa Barakatuh.

----- Original Message ----- From: Hilda, Dermawan