From: "e-RH" <[EMAIL PROTECTED]>

Tanggal: Selasa, 9 Agustus 2005
Bacaan : Yakobus 1:2-12
Setahun: Yeremia 13-16
Nats   : Berbahagialah orang yang bertahan dalam pencobaan, sebab
          apabila ia sudah tahan uji, ia akan menerima mahkota
          kehidupan (Yakobus 1:12)
Judul  :          ANGGAPLAH KEBAHAGIAAN

Seorang pendeta memasang tanda di pintunya: "Jika Anda bermasalah, masuk dan
ceritakanlah kepada saya masalah itu. Jika Anda tidak bermasalah, masuk dan
ceritakanlah kepada saya bagaimana Anda menghindarinya."

Apa yang kita lakukan saat masalah datang tanpa pemberitahuan dan dengan
intensitas besar? Yakobus mengatakan agar kita "menganggapnya sebagai suatu
kebahagiaan", karena ujian tidak terjadi tanpa sebab.
Ia berkata, "Ujian terhadap imanmu itu menghasilkan ketekunan. Dan biarkanlah
ketekunan itu memperoleh buah yang matang, supaya kamu menjadi sempurna dan
utuh" (Yakobus 1:3,4). Dipersenjatai dengan pemahaman ini, doa kita akan
berubah dari bertanya kepada Allah "mengapa" menjadi bersyukur kepada-Nya atas
apa yang sedang Dia lakukan.

Setelah bertahan dalam banyak ujian dan menghadapi pergumulan baru berupa
kanker, penulis Renungan Harian Joanie Yoder membagikan pemikirannya dalam
surat: "Saya telah menyerahkan masa depan saya pada kehendak Allah. Puji Tuhan,
tak ada satu pun, bahkan kanker, dapat menghalangi kehendak-Nya. Saya mungkin
memiliki kanker, namun kanker tak memiliki saya. Hanya Allah yang memiliki
saya. Karena
itu, saya menghargai doa-doa Anda agar Kristus dimuliakan dalam tubuh saya,
entah hidup atau mati."

Ujian tak dapat dihindari dan diduga, dan mereka datang dalam berbagai bentuk
yang tak terbayangkan. Dengan menyadari bahwa Allah yang berdaulat akan
menyertai kita dan menggunakan ujian untuk memperdalam kedewasaan kita, maka
kita dapat menganggapnya "kebahagiaan" --AL

            KITA DAPAT BERTAHAN DI DALAM UJIAN HIDUP INI
         KARENA ADA SUKACITA DI DALAM HIDUP YANG AKAN DATANG

e-RH versi web:             http://www.glorianet.org/rh/082005/09.html
e-RH arsip web:        http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2005/08/09/
Ayat Alkitab:          http://www.sabda.org/sabdaweb/?p=Yakobus+1:2-12

     Yakobus 1:2-12

  2. Saudara-saudaraku, anggaplah sebagai suatu kebahagiaan,
     apabila kamu jatuh ke dalam berbagai-bagai pencobaan,
  3  sebab kamu tahu, bahwa ujian terhadap imanmu itu menghasilkan ketekunan.
  4  Dan biarkanlah ketekunan itu memperoleh buah yang matang,
     supaya kamu menjadi sempurna dan utuh dan tak kekurangan suatu apapun.
  5  Tetapi apabila di antara kamu ada yang kekurangan hikmat,
     hendaklah ia memintakannya kepada Allah, --yang memberikan kepada
     semua orang dengan murah hati dan dengan tidak
     membangkit-bangkit--,maka hal itu akan diberikan kepadanya.
  6  Hendaklah ia memintanya dalam iman, dan sama sekali jangan
     bimbang, sebab orang yang bimbang sama dengan gelombang laut,
     yang diombang-ambingkan kian ke mari oleh angin.
  7  Orang yang demikian janganlah mengira, bahwa ia akan menerima
     sesuatu dari Tuhan.
  8  Sebab orang yang mendua hati tidak akan tenang dalam hidupnya.
  9  Baiklah saudara yang berada dalam keadaan yang rendah
     bermegah karena kedudukannya yang tinggi,
10  dan orang kaya karena kedudukannya yang rendah sebab ia akan
     lenyap seperti bunga rumput.
11  Karena matahari terbit dengan panasnya yang terik dan
     melayukan rumput itu, sehingga gugurlah bunganya dan hilanglah
     semaraknya. Demikian jugalah halnya dengan orang kaya; di
     tengah-tengah segala usahanya ia akan lenyap.
12  Berbahagialah orang yang bertahan dalam pencobaan, sebab
     apabila ia sudah tahan uji, ia akan menerima mahkota kehidupan
     yang dijanjikan Allah kepada barangsiapa yang mengasihi Dia.

Bacaan Alkitab Setahun:  http://www.sabda.org/sabdaweb/?p=Yeremia+13-16
             Diterjemahkan oleh Yayasan Gloria dengan izin
                   Hak Cipta (c) pada RBC Ministries