From: Tommy Lond Togi Parsaoran

Potongan Gulungan Kitab Suci Ditemukan di Israel

Jerusalem, Senin

Suatu pertemuan rahasia dengan seorang Bedouin di sebuah lembah bergurun telah
mengantar ilmuwan pada penemuan dua potongan gulungan perkamen tua yang berusia
hampir 2000 tahun. Ini adalah penemuan pertama yang terjadi dalam dekade ini.

Dikatakan Profesor Chanan Eshel, arkeolog dari Universitas Bar Ilan, Tel Aviv,
Israel, temuan ini memberikan harapan bahwa Gurun Yudea mungkin masih menyimpan
lebih banyak benda peninggalan antik

Dua potongan perkamen dari kulit hewan itu memiliki tulisan dalam bahasa Ibrani
dan berisi ayat-ayat dari Book of Leviticus, bagian dari Kitab Perjanjian Lama.
Keduanya diduga dibawa ke gua pengungsian di Nachal Arugot, sebuah lembah dekat
Laut Mati dimana orang-orang Yahudi bersembunyi dari jajahan Romawi pada abad
kedua.

Gulungan kitab ini telah diperiksa Badan Antik Israel untuk melihat
keasliannya. Sebelumnya, beberapa relik yang berisi tulisan - termasuk sebuah
peti mati yang dikatakan milik saudara Yesus, James - diketahui sebagai barang
palsu.

Sebelumnya, lebih dari 1.000 teks kuno - yang secara keseluruhan dikenal
sebagai Gulungan Laut Mati (Dead Sea Scrolls) - telah ditemukan antara tahun
1947 dan 1956 di 11 gua di pantai barat Laut Mati.

"Tapi tidak ada gulungan perkamen yang ditemukan di Gurun Yudea selama beberapa
dekade," kata Eshel. "Orang-orang pada umumnya yakin bahwa sudah tidak ada lagi
yang bisa ditemukan di sana. Kini mereka mungkin akan mendorong dilakukannya
penggalian."

Arkeolog dan peneliti Kitab Suci, Steven Pfann, mnegatakan, bila potongan
perkamen itu asli, maka ia sesungguhnya tidak akan banyak memberi perubahan
pada pemahaman mengenai Kitab Suci. "Yang membuatnya istimewa adalah bahwa ini
adalah penemuan baru," katanya. "Ini adalah pertama kalinya kami melihat
peninggalan dari selatan sejak 1960-an."

Diceritakan Eshel, ia melihat potongan perkamen itu pertama kali tahun lalu
dalam pertemuan rahasia di suatu bekas stasiun polisi dekat Laut Mati. Seorang
Bedouin yang ditemuinya menawarkan potongan perkamen yang didapat di pasar
gelap seharga 20.000 dollar AS.

Temuan itu menggembirakan sekaligus mengecewakan Eshel yang telah mencari-cari
peninggalan bersejarah di Gurun Yudea sejak 1986. "Saya kecewa karena mereka
yang mendapatkannya, bukan saya. Namun saya juga gembira karena ternyata ada
peninggalan di sana," katanya.

Lalu pada bulan Maret 2005, Eshel bertemu dengan orang Bedouin yang sama, dan
ternyata ia masih memiliki potongan perkamen itu. Eshel kemudian membelinya
seharga 3.000 dollar AS dengan uang yang diperoleh dari Universitas Bar Ilan,
lalu memberikannya pada Badan Antik Israel.

"Seorang peneliti sebenarnya tidak membeli barang antik, tapi mencarinya" kata
Eshel. "Tapi saya melakukannya karena tidak ingin barang itu hilang atau dijual
ke kolektor pribadi."

Temuan itu merupakan potongan gulungan ke 15 yang ditemukan di sana, dan
berasal dari periode pemberontakan Yahudi melawan Romawi yang disebut "Bar
Kochba". Potongan ini sendiri merupakan satu-satunya yang berisi ayat-ayat dari
Leviticus.

Sebagai tambahan, perkamen yang disebut sebagai Dead Sea Scrolls yang disebut
di atas, ditulis oleh Essenes, sebuah sekte monastic yang menghubungkan
Yudaisme dengan Kristen awal. Gulungan ini berisi lebih dari 1.000 teks kuno,
dan ditemukan setengah abad lalu di gua-gua sekitar Qumran di Tepi Barat. Dead
Sea Scrolls dianggap sebagai salah satu temuan paling signifikan di Tanah Suci.
(AP/wsn)

http://us.click.yahoo.com/dpRU5A/wUILAA/yQLSAA/IYOolB/TM