From: "e-JEMMi" <je...@sabda.org>

Edisi 12/Maret/2011 -- Penglihatan Malam di Irak

Shalom,

Rezim Saddam Hussein di Irak memang sudah berakhir. Akan tetapi, perjuangan
rakyat Irak belum berakhir, khususnya untuk mendapatkan kebebasan beragama.
Banyak kesaksian dari para penginjil di sana tentang campur tangan Tuhan dalam
pelayanan yang mereka lakukan. Kesaksian kali ini mengetengahkan pengalaman MH,
penginjil muda yang mengalami mukjizat di dalam penjara. Dia dibebaskan bersama
lima orang lain di dalam selnya. Dia bersyukur karena teman-temannya yang
beragama lain itu dibebaskan, bukan saja dari penjara fisik, melainkan dari
penjara rohani. Silakan menyimak kisah selengkapnya. Jangan lupa menyisihkan
waktu untuk membaca sepak terjang pelayanan misi di Haiti dalam kolom Sumber
Misi. Tuhan Yesus memberkati.

Redaksi Tamu e-JEMMi,
Mahardhika Dicky Kurniawan
< http://misi.sabda.org/ >

KESAKSIAN MISI: PENGLIHATAN MALAM DI IRAK

"Di rumah Bapa-Ku banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku
mengatakannya kepadamu. Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat
bagimu." (Yohanes 14:2)
KS-ILT
Yoh 14:2 Di rumah Bapa-Ku ada banyak tempat tinggal, dan jika tidak, telah Aku
katakan kepadamu. Aku pergi untuk menyediakan tempat bagimu.

KJV
Joh 14:2 In my Father's house are many mansions: if it were not so, I would
have told you. I go to prepare a place for you.

MH seorang penginjil Irak, yakin upahnya di kekekalan nanti salah satunya
adalah rumah di Surga. Apa yang dia tidak harapkan adalah Elohim mempersiapkan
dia terlebih dahulu di sebuah tempat -- di salah satu penjara terkeji milik
Saddam Hussein.

Orang-orang Irak menyebut penjara keamanan Baghdad sebagai "Kapal Putih",
karena terang yang ditimbulkan oleh tembok bagian luar yang kadang kala
berkilauan terkena sinar matahari. Penjara ini sangat besar dan berbentuk
kotak, mengingatkan mereka akan sebuah kapal besar.
Di penjara tersebut ada satu ruangan penyiksaan yang disebut "rumah merah".
Mereka mengatakan bahwa kekejaman Saddam membuat para penghuni penjara menjadi
gila. Bekas diktator Irak ini memerintahkan dinding penjara di cat merah darah.

Bulan Februari lalu, MH dan tujuh orang pemimpin Kristen lainnya, ditangkap di
rumah pertemuan mereka oleh polisi rahasia Saddam. Seratus orang percaya
dijebloskan ke dalam ruangan yang remang-remang, di mana mereka baru saja
menyanyikan lagu pujian, "Kami Memberikan Kepadamu Segala Kemuliaan" ketika 15
agen berpakaian preman, bersenjata pistol, dan "walki-talki" menerobos pintu.

MH mengatakan kepada perwakilan salah satu lembaga Kristen bahwa polisi
memerintahkan mengakhiri ibadah dan mereka menggunakan cara-cara yang kasar dan
meminta semua tenang. "Semua duduk, tidak ada yang boleh berbicara, kata MH".
Salah satu petugas mengeluarkan sepucuk kertas dan mulai memanggil nama-nama
kami. Mereka mengenal nama semua orang di ruangan ini satu persatu! Penginjil
muda ini akhirnya menyadari bahwa Saddam telah mengirimkan seorang mata-mata ke
dalam gereja mereka. Hari ini, mereka menganggap orang yang mengkhianati mereka
sebagai "Yudas".

Jemaat gereja tahu bahwa persekutuan mereka ilegal. Rezim Saddam Hussien hanya
mengizinkan orang-orang Kristen beribadah di dalam gedung-gedung gereja yang
sudah didaftarkan kepada pemerintah. Suatu waktu, pejabat pemerintah memberikan
izin kepada orang-orang percaya untuk mengadakan suatu pesta. Pejabat tersebut
mengira ini adalah pesta seperti pada umumnya, tetapi sebenarnya bukan,
melainkan KKR. Acara ini ketahuan oleh polisi. Izin tidak diberikan bagi acara
khotbah dan puji-pujian. Delapan orang jemaat gereja diborgol, ditutup matanya,
dan dibawa dengan cepat dengan "van" yang tidak berjendela.

Pada saat di penjara, MH dibawa ke ruangan interogasi. Seorang penjaga menahan
MH di kursi, sementara yang lainnya menampar mukanya. "Kami akan menahanmu di
penjara bawah tanah dan menyiksamu, dan kamu akan tahu mengapa kamu ada di
sini!" kata salah satu penyiksanya. "Tidak ada tahanan yang dibiarkan hidup
pada saat mereka ada di tempat ini. Jika kamu tidak mengatakan kepada kami yang
sebenarnya, kamu akan mati hari ini".

Penjaga yang lain masuk ke ruangan dan menggunakan tinjunya memukul muka dan
tubuh MH. Dia meminta informasi mengenai kepercayaan yang dianut oleh MH dan
susunan organisasi gereja. Mendekati satu jam kemudian, MH yang mukanya memar
diberi pakaian khusus tahanan penjara bernomor XX dan selnya bernomor XX.

"Ia telah mengutus aku untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang
sengsara, dan merawat orang-orang yang remuk hati, untuk memberitakan
pembebasan kepada orang-orang tawanan, dan kepada orang-orang yang terkurung
kelepasan dari penjara." (Yesaya 61:1)
Yes 61:1/ Isa 61:1
(ASV) The Spirit of the Lord Jehovah is upon me; because Jehovah hath anointed
me to preach good tidings unto the meek; he hath sent me to bind up the
broken-hearted, to proclaim liberty to the captives, and the opening of the
prison to them that are bound;
(KJV) The Spirit of the Lord GOD is upon me; because the LORD hath anointed me
to preach good tidings unto the meek; he hath sent me to bind up the
brokenhearted, to proclaim liberty to the captives, and the opening of the
prison to them that are bound;
(KSILT) Roh Tuhan YAHWEH ada padaku, karena YAHWEH telah mengurapi aku, untuk
memberitakan kabar baik kepada yang lemah. Dia mengutus aku untuk membalut hati
yang terluka, untuk memberitakan tahun pembebasan kepada para tawanan, dan
kebebasan bagi orang-orang yang terbelenggu.
(LITV) The Spirit of the Lord Jehovah is on Me, because Jehovah has anointed Me
to preach the gospel to the meek. He has sent Me to bind up the broken-hearted,
to proclaim liberty to captives, and complete opening to the bound ones;
(MKJV) The Spirit of the Lord Jehovah is on Me; because Jehovah has anointed Me
to preach the Gospel to the poor; He has sent Me to bind up the broken-hearted,
to proclaim liberty to the captives, and the opening of the prison to those who
are bound;
(YLT) The Spirit of the Lord Jehovah is on me, Because Jehovah did anoint me To
proclaim tidings to the humble, He sent me to bind the broken of heart, To
proclaim to captives liberty, And to bound ones an opening of bands.

MH berbagi ruangan yang berukuran 2,5 x 2 meter dengan lima orang "beragama
lain" -- dua orang Suni dan tiga orang Syiah. MH berdoa dan meminta Elohim
memakainya untuk membebaskan teman selnya dari "penjara rohani" mereka dengan
mengenalkan mereka kepada Kristus. Dia menggenggam pecahan batu dan menulis
nama Yesus di dinding sel penjara dan menggambar salib di sampingnya. Salah
seorang Syiah bernama S meminta penjelasan kenapa MH menulis seperti itu. "Kamu
harusnya berdoa kepada Elohim atau pemimpin 'agama lain'", kata S. "Kenapa kamu
berharap kepada Yesus untuk menolongmu?"

MH menjelaskan bahwa dia memiliki hubungan yang intim dengan Tuhan, dan Yesus
telah melakukan banyak mukjizat kepadanya. Dia yakin Yesus akan melakukan
mukjizat yang lain dan membebaskannya dari penjara.
"Aku bertanya balik kepada S, kenapa aku harus berdoa kepada seorang manusia
yang mati?"
"Aku mengatakan kepadanya, aku lebih memilih berdoa kepada Elohim yang hidup.
Yesus hidup, sedangkan semua nabi mati dan dikubur di tanah".
S memandang rendah MH. Dia mengatakan kepadanya bahwa dia bukan orang yang baik
karena dia tidak percaya pada ajaran agamanya. MH terus berdoa untuk S dan
teman satu selnya.

Beberapa minggu selanjutnya, MH terbangun pada saat S mencium kedua tangan dan
pipinya. MH dan teman satu selnya terkejut melihat perubahan hati S. Jadi,
mereka memintanya menjelaskan apa yang terjadi.
S mengatakan, Yesus muncul di hadapannya dan mengatakan kepadanya bahwa MH akan
dibebaskan dari penjara. "Dia muncul di depanku ketika aku sedang tidur", kata
S. "Dia berpakaian putih dan aku tidak dapat melihat wajah-Nya, karena
wajah-Nya memancar lebih terang daripada matahari dan membutakanku."

S bertanya kepada orang itu siapa Dia, dan Dia menjawab, "Yesus Kristus". Yesus
menunjuk kepada MH dan mengatakan kepada S, tidak usah khawatir terhadap MH.
Aku yang bertanggung jawab atas MH, dan Aku akan membebaskannya dari tempat
ini, kata Yesus. Bagaimana denganku? Kata S. Yesus menghilang tanpa menjawab
pertanyaannya.

"Dan kamu akan mengetahui kebenaran, dan kebenaran itu akan memerdekakan kamu."
(Yohanes 8:32)
KS-ILT
Yoh 8:32 Dan kamu akan mengetahui kebenaran, dan kebenaran itu akan
memerdekakan kamu."

KJV
Joh 8:32 And ye shall know the truth, and the truth shall make you free.

MH menjelaskan kepada teman satu selnya bahwa Yesus muncul untuk membuktikan
bahwa MH milik-Nya dan apa yang dikatakan-Nya adalah kebenaran. Dengan segera
teman-temannya berlutut dan mulai berdoa, meminta Yesus juga membebaskan mereka
dari penjara.
Mimpi S menjadi kenyataan satu minggu kemudian, seperti halnya MH dan semua
orang Kristen yang ditahan bersama dia juga dibebaskan.

Beberapa bulan kemudian, salah seorang penginjil yang dibebaskan bernama J,
bercerita kepada salah seorang perwakilan sebuah lembaga Kristen.
"Yesus mengatakan kepadaku, Saddam akan memberikanku suatu bingkisan. Ketika
aku dibebaskan, aku tidak mengatakan apa-apa. Aku hanya tersenyum, karena aku
tahu bingkisan tersebut adalah kebebasanku yang datangnya dari Tuhan, bukan
presiden".

J percaya dia selamat dari "rumah merah," karena walaupun secara fisik ditekan
di dalam kegelapan, dijejalkan ke dalam sel penjara, dia secara spiritual sudah
dibebaskan di dalam Kristus. Tuhan telah membebaskannya jauh sebelum Saddam
Hussein membebaskannya dari kurungan fisik. J aktif di gerejanya dan
menghabiskan banyak waktunya untuk melayani sesama. Dia membagikan
traktat-traktat Injil dan kadang kala bersaksi kepada orang-orang Irak.

"Segala tulisan yang diilhamkan Elohim memang bermanfaat untuk mengajar, untuk
menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam
kebenaran. Dengan demikian tiap-tiap manusia kepunyaan Elohim diperlengkapi
untuk setiap perbuatan baik." (2 Timotius 3:16-17)
KS-ILT
2Tim 3:16 Semua kitab diilhami Elohim dan bermanfaat untuk pengajaran, untuk
teguran, untuk perbaikan, untuk pendidikan dalam kebenaran,
2Ti 3:17 sehingga manusia Elohim dapat menjadi cocok untuk setiap pekerjaan
yang baik, karena telah disempurnakan.

KJV
2Ti 3:16 All scripture is given by inspiration of God, and is profitable for
doctrine, for reproof, for correction, for instruction in righteousness:
2Ti 3:17 That the man of God may be perfect, throughly furnished unto all good
works.

Kami memuji Elohim karena kemunculan yang luar biasa dari Anak-Nya, Yesus,
kepada anak-anak-Nya di Irak. Tetapi membangun gereja tidak hanya berdasarkan
pada mukjizat-mukjizat dan penglihatan-penglihatan. Gereja harus dibangun di
atas dan berakar dalam firman Tuhan.

Pokok doa:
1. Doakan J dan MH agar tetap menjadi alat Tuhan untuk bersaksi tentang Kristus
di Irak.
2. Doakan gereja-gereja di Irak agar terus bertumbuh dan berakar dalam firman
Tuhan.
3. Doakan umat Kristen yang masih ditahan di penjara Irak karena iman kepada
Kristus, agar mereka tetap menaruh harapan dan beroleh kekuatan dari Kristus.

Diambil dari:
Nama buletin: Kasih Dalam Perbuatan, Edisi November - Desember 2003
Penulis: Tidak dicantumkan
Penerbit: Yayasan Kasih Dalam Perbuatan, Surabaya
Halaman: 5 -- 7

SUMBER MISI: HAITIAN CHRISTIAN MISSION
Berawal dari kelompok belajar Alkitab kecil yang berdiri tahun 1974, Haitian
Christian Mission < www.hcmsupport.org > telah melayani ribuan penduduk Haiti
setiap tahunnya. Pelayanan misi yang berfokus kepada orang-orang Haiti ini,
memunyai satu tujuan untuk menyelamatkan jiwa-jiwa bagi Kerajaan Elohim.
Program misi yang mereka lakukan meliputi: pendidikan, kesehatan, pusat
nutrisi, dan program sponsor (dukungan). Semua program tersebut dapat
terlaksana karena mendapat dukungan dari masyarakat, ekspatriat, dan para
pendukung lain. Proyek misi jangka pendek yang sedang dilakukan di antaranya:
perbaikan dan pembangunan gereja, pengeboran sumur untuk air, pengadaan tim
kesehatan, dan pembentukan tim penginjilan dan tim pengajar untuk menjadi
pemimpin-pemimpin gereja. Silakan mengunjungi situs mereka untuk mendapatkan
informasi lebih lengkap. (DIY)

STOP PRESS: KUMPULAN BAHAN PASKAH DI SITUS PASKAH INDONESIA
==> http://paskah.sabda.org/

Situs Paskah Indonesia adalah situs berbahasa Indonesia yang menyediakan bahan
Paskah yang sangat lengkap, di antaranya: tip-tip menarik seputar Paskah, info
buku yang berhubungan dengan Paskah, ucapan Paskah, info profil user baru,
kolom status online, humor Paskah, khotbah audio, link situs Paskah, blog
mengenai Paskah, renungan Paskah, lagu Paskah, puisi Paskah, bahan mengajar
Paskah, kesaksian Paskah, drama Paskah, artikel Paskah, topik forum yang aktif
dikunjungi, Facebook YLSA, dan lowongan YLSA.

Situs Paskah Indonesia juga dirancang sedemikian rupa agar setiap pengunjung
bisa ikut berpartisipasi dengan mengirimkan renungan, artikel, atau juga blog
Paskah untuk bisa saling berbagi berkat dengan pengunjung yang lain. Fasilitas
forum juga tersedia di situs ini sehingga pengunjung bisa ikut berdiskusi
seputar topik Paskah. Keistimewaan lain dari situs ini adalah disediakannya
fasilitas mengirimkan ucapan selamat Paskah untuk teman seiman dan pengunjung
yang lain. Jadi, tunggu apa lagi? Segera kunjungi situs Paskah Indonesia!

"WE SHOULD WORK HARDER TO BE WHAT WE SHOULD BE RATHER THAN TO HIDE WHAT WE ARE"

Kontak: < jemmi(at)sabda.org >
Redaksi: Novita Yuniarti, Yulia Oeniyati
(c) 2011 -- Yayasan Lembaga SABDA
< http://www.ylsa.org >
Rekening: BCA Pasar Legi Solo;
No. 0790266579
a.n. Yulia Oeniyati
< http://blog.sabda.org/ >
< http://fb.sabda.org/misi >
Berlangganan: < subscribe-i-kan-misi(at)hub.xc.org >
Berhenti: < unsubscribe-i-kan-misi(at)hub.xc.org >

Kirim email ke