--- In jogja-linux@yahoogroups.com, "joesafa621" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> gw nyoba nginstall totem dari source, terus muncul error kaya gini:
>
> checking for C++ compiler default output file name... configure:
> error: C++ compiler cannot create executables
> See `config.log' for more details.
>
> apanya yang kurang ya??

Cara yang cukup aman, tapi kadang gagal :-P~

kunjungi http://packages.ubuntu.com/dapper/source/totem. dari dpkg -l
kemarin, saya tebak jika Ubuntunya memakai Hoary. Tapi tidak apa-2.
Link yang saya berikan (Ubuntu Dapper) itu untuk mengecek paket-2 yang
dibutuhkan untuk mengompilasi totemnya. Ada dua pilihan:

1. Kompilasi program "debian way". Yah kalo pernah make distro basis
RPM, hal ini sama dengan build srpms-nya. Bila berkas-2 yang
dibutuhkan sudah dipenuhi, coba ke bagian bawah dan ambil
totem*.diff.gz, totem*.tar.gz dan totem*.dsc dari Ubtuntu Dapper ini
(Totem terbaru, tapi ingin dikompilasi untuk Ubtuntu Hoary). install
paket "fakeroot". di direktori tempat anda menyimpan totem-2 yang saya
sebutkan diatas, lakukan:
 - dpkg-source -x totem_1.3.0-0ubuntu2.dsc
Maka akan dihasilnya direktori totem-1.3.0
 - cd totem-1.3.0
 - dpkg-buildpackage -rfakeroot -us -uc
Moga-2 sukses;-)

2. Pakai cara konvensional (./configure, make, make install). Tapi
penuhi dulu paket-2 yang dibutuhkan. Tapi tidak semuanya. Misal, tidak
ingin memasang firefox-dev. yang penting, kira-2 paket-2 "standar'
instalasi sudah dipenuhi.

Baru pertama kali kompilasi program di komputer Anda yah? Soalnya baru
saja saya coba, untuk "g++" lolos, tapi kurang gstreamer-dev (saya
coba pakai cara konvensional, bukan "debian way". tapi sebelum-2nya
komputer ini sudah beberapa kali dipakai untuk mengompilasi program, ;-)

Most low income homes are not online. Make a difference this holiday season!
http://us.click.yahoo.com/5UeCyC/BWHMAA/TtwFAA/0XFolB/TM