On 12/26/05, Endianto <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> Dear Suhu,
>
> Setelah saya jalankan perintah tar, saya lakukan 'cd /thunderbird'.
> Waktu saya lakukan 'ls  -l'  ada  directory thunderbird dan ada file
> thunderbird-bin, tetapi file configure tidak ada.
> Sebenarnya apa sih file configure? apakah itu program yang harus ada?
> Apa saya harus instal file configure? pakai apa ya? dpkg. apt-get atau tar.
> Kalau sourcenya mudah2an ada, saya pakai cd-rom Sarge yang jumlahnya 14 cd.

Ini saya baca dari berkas configure yang ada di totem:

# Guess values for system-dependent variables and create Makefiles.
# Generated by GNU Autoconf 2.59 for totem 1.3.0.

Berkas configure (kalo ada) digunakan dalam proses kompilasi kode
sumber-kode sumber program.

Cuman, yang saya sering amati, masih banyak anggapan yang salah jika
berkas berekstensi .tar.gz, .zip atau .tar.bz2 adalah hanya berkas
kode sumber program. Padahal ekstensi-2 tersebut hanya untuk penanda
bahwa program dikompresi (mungkin dengan alalan agar ukurannya lebih
kecil) atau "untuk mengumpulkan" berkas-2 (misal kumpulan berkas
grafik) agar mudah ditransfer antar pengguna. Jadi binari atau kode
sumberpun bisa saja menggunakan ekstensi itu. Kalau sudah dalam bentuk
binari, ngapain harus kompilasi dari awal? Kan lebih enak "next, next
dan finish"?? :D

Most low income homes are not online. Make a difference this holiday season!
http://us.click.yahoo.com/5UeCyC/BWHMAA/TtwFAA/0XFolB/TM