Mungkin yg di maksud adalah cara membuka console di X11 ya?
Terus setelah itu buat direktory yg diprotek (hanya user ttu yg bisa
akses).

Kalau gitu jalanin aja berbagai macam "emulator" console yg disediakan.
(yg paling minimal, CMIIw, adalah XTERM.)
Tapi kalau KDE/Gnome punya terminal emulatornya sendiri. Coba dicari
saja di menunya.

Kalau saya suka dengan uxterm (di ubuntu sini, dia default ke white on
black. Tentu dengan xterm -bg black -fg white bs sama)

Moga2 membantu

--
Salam hangat,
Eko SW