untuk instalasi bisa menggunakan synaptic.
Ada tiga cara setahu saya yaitu melalui internet dengan mengatur konfigurasi
synaptic di arahkan ke mirror debian terdekat. misalkan
http://repo.ugm.ac.id/
,dengan mount ISO ke local hardisk atau dengan CD / DVD repository (
kumpulan software linux )

silakan googling tentang synaptic untuk info lebih lanjut
semoga membantu

--
yodiaditya
http://yodi.web.id