--- On Fri, 12/11/09, aspan syahbudin <aspansyahbu...@gmail.com> wrote:

From: aspan syahbudin <aspansyahbu...@gmail.com>
Subject: Re: [jogja-linux] Menambah Hard Disk dengan aman
To: jogja-linux@yahoogroups.com
Date: Friday, December 11, 2009, 9:36 AM

Pada 10 Desember 2009 09:33, felix_billy_pradeta <
felix_billy_prad...@yahoo.com> menulis:

> Sebenarnya pasrtisi Linux tuh ada berapa sih? Ada cukup dengan Sistem dan
> Swap saja tanpa /home?
>
> Lalu kalo mau menjadikan hard disk ke 2 sebagai data dan hard sik pertama
> sebagai sistem.....langkah amannya bagaimana?
>
> Terima kasih sebelumnya.....

Partisi wajib hanya root (/) saja. Semua mount point akan berakar dari sini.
Tapi kita bisa membuat perencanaan sendiri dengan mengatur mount point utk
partisi yg berbeda saat memulai instalasi baru. Misal :
/dev/sda1   swap
/dev/sda2   /
/dev/sda3   /home

Nah, dalam hal ini kita memisahkan home dalam partisi tersendiri. Sehingga
jika satu saat kita memformat /dev/sda2 atau memasang fresh install ke
dalamnya maka tidak akan menggangu mount point /home yang berisi data.

Kita bisa menambah partisi kapan pun juga dari hardisk yang baru. Tetapi
hardisk baru ini tidak akan dimount sebagai mount point tertentu, tetapi
bersifat sebagai removable media saja. Untuk memount sebuah partisi dengan
mount point tertentu mesti diatur dalam file /etc/fstab (ubuntu).

Penjelasan panjang lebar tentang hal ini ada di link berikut ini : *
https://help.ubuntu.com/community/Fstab*

Selamat mencoba dan salam linux.

--
aspansyahbudin
YM : trhkuberau

Beberapa saat yang lalu setelah pulang dari seminar Oprek SLACKWARE 13 tanpa
pikir panjang saya langsung mengainstallnya ke koputer . Instalasi sukses dan
komputer bisa digunakan....

masalah muncul ketika saya mencoba mendabahkan HARDISK BARU temen saya kedalam
PC yang didalamnya terdapat OS Win,,,,XP. setelah tampilan  lilo dan loding
bios dan mencoba membaca hardisk kemudian muncul pesan KERNEL PANIC.

Hardisk utama berisi 3 partisi yaitu / , swap, dan data
Hardisk kedua berisi 4 partisi yaitu OSwi..XP, data, multimedia

bagai mana cara Mount hardisk agar dapat dibaca oleh sistem operasi
linux...????
soal nya saya tidak dapat masuk kedalam sistem operasi.

terimakasih.....