Agus Kurniawan wrote:

> btw, gw gak punya perusahan bos samuel,..gw hanya diminta beberapa
> perusahan untuk mengisi training dan itu bersifat personal alias
> independent dan gw masih kerja amah orang ya jadinya gw bisa cuman sabtu
> dan minggu atau cuti (kalau diperlukan).

Maaf kalau salah informasi soalnya nama kamu
tercantum di Tanmia Informatika. Tapi sepertinya
situs web Tanmia sudah mati.

> Lumayan dari training gw bisa
> dapat cicilan kredit rumah dan bisa sekolah s2;). btw, gw juga manusia
> perlu makan juga;) tapi gw gak sopan kalau gw cari makan di project otak
> yang notabane utk pure sharing ilmu (project idealisme),

Gua juga nggak bilang kamu cari makan dari project Otak.
Tapi jelas selain menyalurkan idealisme ada manfaat bisnis
yang kamu dapatkan dari project Otak.
Ini sama dengan seperti James Strachan kan. Dia memang
nggak dapat duit 1 perserpun dari jualan lisensi
ActiveMQ dan ServiceMix tapi dapat duit dari jualan
jasa support dan service. Ini bagus lho kalau menurutku
jadi selain komunitas mendapat keuntungan dari
ilmu atau software yang disumbangkan si penyumbang
juga mendapatkan upah yang sepantasnya.
Perbuatan baik kan memang seharusnya mendapatkan ganjaran.

Jadi omonganku bahwa kamu ada motivasi bisnis dibalik
project Otak itu jangan dianggap aku berpendapat negatif.
Punya motivasi bisnis itu baik. Karena bisnis itu baik
selama bisnis itu memberikan keuntungan buat semua pihak
yang terlibat. Frans juga punya motivasi bisnis dibalik
usaha keras dia melakukan evangelisasi Java. Tapi yang jelas
usaha Frans itu memberikan manfaat juga buat komunitas.
Salah satu manfaat yang mulai terlihat adalah dukungan
DepDikNas akan pengajaran Java secara nasional.

> oleh karena itu
> awal tahun gw buat versi commersial project otak tapi bukan buku
> melainkan video namanya PE College of Computer Science. Ini proyek
> komersial tapi 80% sangat idealis karena gw mau angkat topik2x research
> di area Computer Science, beberapa topik yang diangkat dalam area
> akademik yaitu (ini sudah diplot dalam roadmap tahun 2007-2008)

Semoga sukses dalam usaha kamu.

> [...]
>     Nggak juga Josh. Gua kenal sama Agus Kurniawan yang merupakan
>     penggerak utama Proyek Otak. Agus Kurniawan adalah software
>     architect di Astra. Tapi dia punya perusahaan training.
>     Nah proyek Otak itu adalah salah satu lahan dia
>     menguji coba kurikulum di perusahaan dia. Jadi memang
>     proyek Otak itu gratis tapi ada efek samping
>     bisnis yang bagus buat Agus Kurniawan.
>     Orang jadi kenal Agus Kurniawan dan dia dapat feedback
>     mengenai bahan pelajaran di kursusnya.
>     Ini hal yang bagus kalau menurutku. Walaupun Agus
>     ada motivasi bisnis di balik proyek Otak tapi

Kirim email ke